Sabtu, 27 Mei 2017

Latar Belakang Berdirinya Klinik Kesehatan Keluarga Azzahra Bantaeng

Tags


Sabtu | 27.Mei 2017 | 18.30  wita

BN.Online Bantaeng,

Pada tahun 2013, tepatnya tanggal 1 Maret 2013 Ibunda Tercinta Hj Hadesiah yang akrab disapa Bidan Hadi memasuki masa purnabakti atau pensiun dari RSUD Prof. Dr. H. M. Anwar Makkatutu Bantaeng. Seiring menjalani masa pensiun beliau masih kerap dipanggil oleh masyarakat untuk membantu proses persalinan. Ungkap dr.Armansyah .

Profesi bidan yang jam kerjanya identik dengan sebutan salah satu marga suku Batak yakni "SIMATUPANG" Siang Malam Tunggu Panggilan telah mewarnai perjalanan masa Purnabakti Bidan Hadi. Sampailah pada suatu waktu, beliau mendapatkan Panggilan menolong persalinan sekitar pukul 3 dinihari.

 Dengan bermodalkan alat partus Bidan Hadi menuju rumah pasien untuk menolong pasien tersebut. Karena kondisi tempat tinggal pasien kurang memadai dimana tidak memiliki tempat tidur/hanya bermodalkan kasur diatas lantai Ibu bidan membantu proses persalinan.

Kondisi tersebut menyebabkan ibu bidan mengalami kelelahan dan kurang nyaman menolong persalinan. Sehingga dalam 7 hari setelah membantu persalinan bu bidan harus bed rest total untuk memulihkan tubuhnya.

Berawal  dari kejadian tersebut memunculkan Ide untuk membangun tempat persalinan yang nyaman untuk menolong,  terlebih lagi untuk pasien yang hendak melahirkan. Sehingga sejak saat itu kami mulai memikirkan untuk membuat suatu klinik yang bisa menjadi tempat perawatan dan melahirkan.

Selain itu kebutuhan masyarakat akan klinik yang nyaman dan terjangkau mulai meningkat. RSUD Bantaeng terkadang tidak muat menampung pasien yg cukup banyak mengantri mendapatkan perawatan.

Bermodalkan tanah ukuran 25 m x 14 meter mulailah kami merencanakan pendirian klinik. Dimulai dengan perencanaan gambar klinik, pengurusan administrasi, perizinan dan kelengkapan klinik kami lengkapi satu persatu. Alhamdulillah dalam kurun waktu sekitar 3 tahun, Klinik yang diidam-idamkan telah hadir ditengah masyarakat tepatnya di Jalan T.A.Gani No.30 Bantaeng dengan nama Klinik Kesehatan Keluarga Azzahra.

Penamaan Klinik Kesehatan Keluarga Azzahra tentunya mempunyai makna yang mendalam. "Kesehatan Keluarga" bermakna Upaya menjadikan  masyarakat menjadi sehat terutama melalui pendekatan keluarga sehat, selain itu kesehatan keluarga bermakna luas dalam melayani pasien dalam rentang umur yg luas pula yakni mulai dari masa kandungan (ibu hamil) hingga pasien kategori lanjut usia (lansia).

Azzahra berasal dari bahasa Arab yang bermakna berkilauan sehingga memberikan harapan kepada kami untuk bisa terus eksis dalam memberikan pelayanan yang berkualitas kepada masyarakat.

Penulis | BN.Online Sul sel | Edhy


News Of This Week