Rabu, 17 Mei 2017

Pelantikan IWO Sul-Sel Diapresiasi Pemerintah, Wujudkan Informasi Fakta Bukan Prasangka "No Hoax"

Tags

Rabu | 17 Mei 2017 | 03:30 | wita


Pelantikan pengurus wilayah IWO SUL-SEL dihadiri oleh Walikota Makassar, wakil gubernur Sul-Sel, TNI dan Polri serta ormas lainnya.Dny



BN Online.Makassar -Pelantikan Ikatan Wartawan Online (IWO) ditribun Karebosi dihadiri beberapa pejabat lingkup Pemerintah Kota Makassar Ir.H.Muhammad Rhamdan Pomanto beserta anggotanya, Pemerintah Provinsi Sulawesi-Selatan Wakil Gubernur Sul-Sel Ir. H.Agus Arifin Nu’mang beserta anggotanya, TNI dan Polri.

Beserta tamu undangan lainnya dari berbagai ormas, semangat dan antusias para anggota IWO Sul-Sel Terlihat pada saat kegiatan berlangsung, para insan intelektual, wartawan dari berbagai perusahaan pers, meski jumlah pengunjung tidak memenuhi jumlah kursi tamu undangan, akan tetapi acara tersebut tetap diisi dengan penuh kegembiraan serta semangat yang cukup kuat.

Pelantikan IWO merupakan suatu kebanggaan buat Pemerintah Kota Makassar, Seperti yang disampaikan Walikota Makassar bahwa Iwo Sul-Sel sama seperti sejarah Iwo Jima yang bisa diambil hikmah dari perjuangan untuk memenangkan daerah Iwo Jima membutuhkan pengorbanan cukup besar, Pemerintah Provinsi Sulawesi-Selatan wakil gubernur Sul-Sel mengatakan Jangan menutup diri dengan media karena Media bagian dari pemerintah itu sendiri.ucapnya

Jodhy selaku Ketua umum IWO pusat, dalam sambutannya menegaskan bagaimana kita harus bisa memberantas berita Hoax, yang biasanya​ itu muncul dari cerita masyarakat yang tidak terkontrol, sehingga bisa saja informasi tersebut meluas hingga ke manca negara, oleh karena itu wartawan harus berlandaskan UU Pers No.40 Th.1999 dan wajib mengimplementasikan kode etik jurnalistik.tuturnya

Zulkifli Tahir selaku Ketua Iwo Sul-Sel dalam sambutannya menjelaskan bahwa Organisasi itu harus kompak, transparansi, termanage dengan baik, agar kedepan organisasi IWO Sul-Sel akan terus berkembang, hingga menjadi kiblat para pewarta dari berbagai perusahaan PERS yang beraktivitas diseluruh Provinsi Sul-Sel.ucapnya

Pers adalah salah satu sarana bagi warga negara untuk mengeluarkan pikiran dan pendapat serta memiliki peranan penting dalam negara demokrasi. Pers yang bebas dan bertanggung jawab memegang peranan penting dalam masyarakat demokratis dan merupakan salah satu unsur bagi negara dan pemerintahan yang demokratis.

Menurut Miriam Budiardjo, bahwa salah satu ciri negara demokrasi adalah memiliki pers yang bebas dan bertanggung jawab.
Sedangkan, Inti dari demokrasi adalah adanya kesempatan bagi aspirasi dan suara rakyat (individu) dalam mempengaruhi sebuah keputusan.


Dalam demokrasi juga diperlukan partisipasi rakyat, yang muncul dari kesadaran politik untuk ikut terlibat dan andil dalam sistem pemerintahan. Pada berbagai aspek kehidupan di negara ini, sejatinya masyarakat memiliki hak untuk ikut serta dalam menentukan langkah kebijakan suatu Negara. Pers merupakan pilar demokrasi keempat setelah Eksekutif, Legislatif dan Yudikatif.

Oleh karena itu kehadiran organisasi IWO perlu diapresiasi oleh seluruh elemen Pemerintah baik pusat ataupun daerah, sehingga masyarakat tidak hilang kepercayaan terhadap para pewarta yang ada saat ini, dengan adanya kegiatan ini akan menjadi wadah untuk saling mengisi, tukar pikiran, mengingatkan dalam kebenaran, bersama melawan kebatilan yang mana itu akan merusak tatanan "NKRI" itu sendiri.

Penulis | BN Online Sul-Sel | Dny
Editor | BN Online Sul-Sel | AA


News Of This Week