Jumat, 02 Juni 2017

Tingkatkan Mutu Pelayanan, RSUD Syekh Yusuf Gowa Targetkan Akreditasi Paripurna

Tags

Jumat, 02 Juni 2017 | 10:30 | Wita


BN Online, Gowa---- Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Syekh Yusuf saat ini tengah sibuk dalam menghadapi Akreditasi rumah sakit, dimana akreditasi itu suatu pengakuan yang diberikan oleh pemerintah pada manajemen rumah sakit dan wajib dilakukan setiap 3 (tiga) tahun sekali harus diakreditasi.

Direktur RSUD Syekh Yusuf, dr.H. Salahuddin, M.Kes mengatakan akreditasi rumah sakit itu diatur oleh Undang- undang dan wajib untuk akreditasi, karena tercantum dalam Undang-undang No.44 Tahun 2009 tentang Rumah Sakit, pasal 40 ayat 1, menyatakan bahwa didalam upaya peningkatan mutu pelayanan rumah sakit wajib dilakukan akreditasi secara berkala minimal 3 (tiga) tahun sekali.


"Jadi akreditasi rumah sakit itu sangat diperlukan karena sebagai cara efektif untuk mengevaluasi mutu suatu rumah sakit dengan penetapan standar- standar mutu pelayanan," ujarnya, saat ditemui di ruang kerjanya, Jumat (2/6/2017)

Sehingga sangat dibutuhkan oleh masyarakat, yang semakin selektif untuk mendapatkan pelayanan yang bermutu.

Salahuddin juga menyebutkan baru- baru ini, sudah ada tim survei simulasi akreditasi dari kementerian kesehatan dari Jakarta Pusat melalui lembaga independen yaitu dari Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS) yang ditunjuk untuk melakukan akreditasi di semua rumah sakit.


"Dalam akreditasi itu banyak aspek yang dinilai, antara lain sarana dan prasarana yang ada di RS Syekh Yusuf, kualitas SDM, proses pelayanan sesuai SOP, administrasi dan manajemen, keselamatan kerja, pelayanan resiko tinggi dan masih banyak lagi yang masuk dalam kualifikasi akreditasi," paparnya.

sementara wakil direktur pelayanan medik dan keperawatan RSUD Syek Yusuf, dr. Magdalena Maya Khubani,M.Kes menjelaskan untuk akreditasi 3 tahun yang lalu itu fokus kepada administrasi, tetapi sekarang lebih fokus kepada implementasi SOP.

"Kalau 3 tahun yang lalu, RS Syekh Yusuf lulus akreditasi 12 pokja, kami tidak sempat akreditasi 16 pokja, karena didalam aturannya, sudah masuk dalam metode baru dari pusat, jadi hanya akreditasi 12 pokja, " terang Magdalena yang juga sebagai ketua akreditasi.

.

Ia berharap didalam akreditasi RS Syekh Yusuf agar semua staf dan profesi untuk saling mendukung dan bekerja sama untuk pencapaian akreditasi paripurna.

Sementara dr.H.Salahuddin, M.Kes juga berharap proses akreditasi ini bisa berjalan dengan lancar, dan memperoleh hasil yang memuaskan seperti yang diharapkan yaitu peringkat paripurna, ucapnya yang sudah 2 kali mendapatkan sertifikat akreditasi.

"Yang paling penting, kami memprioritaskan peningkatan mutu pelayanan dengan lebih berfokus pada keselamatan pasien," pungkasnya.




Penulis : BN | Gowa | Shanty

Editor   : BN | Sulsel | Dny


News Of This Week