Selasa, 24 Oktober 2017

Pelatihan Peningkatan Kapasitas Pendamping Lokal Desa Oleh (Satker) Program (P3MD) Provinsi Sulsel

Tags



BN Online, Makassar----Pelatihan peningkatan kapasitas pendamping lokal desa oleh Satuan Kerja (Satker) Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (P3MD) Provinsi Sulawesi Selatan memasuki hari kedua, di hotel grand clarion, Makassar, Selasa, (24/10/17).


Pelatihan ini diikuti oleh seluruh pendamping lokal desa se Sulawesi Selatan yang jumlahnya 500 lebih dan di hari yang kedua ini seluruh peserta dibagi kedalam beberapa kelas, kata Sapril pendamping lokal desa asal kecamatan Tompobulu, Kabupaten Maros.


Appi sapaan akrabnya menambahkan bahwa materi awal dikelasnya yaitu Kelas 3 Orchid adalah brain storming atau curah ide terkait tugas pokok dan fungsi (Tupoksi) pendamping lokal desa (PLD), masing-masing peserta mengambarkan best practice terkait praktek pendampingan serta kendala-kendala yang dihadapi dilapangan atau di desa.


Secara umum tugas pokok dan fungsi pendamping lokal desa adalah mendampingi desa dalam penyelenggaran pemerintah desa, kerjasama antar desa, pengembangan Bumdes dan fasilitasi pembangunan yang bersekala lokal desa, ungkapnya.


Mendampingi desa dalam perencanaan pembangunan dan keuangan desa, mendampingi desa dalam pelaksanaan pembangunan desa, mendampingi masyarakat desa dalam kegiatan pemberdayaan masyarakat dan desa, mendampingi desa dalam pemantauan dan evaluasi kegiatan pembangunan desa, tambahnya.


Harapan kami semua tentunya adalah bahwa pelatihan ini adalah meningkatnya kapasitas kami selaku pendamping lokal desa harus meningkat dalam tugas pokok dan fungsi pendampingan desa kedepan, tegasnya.


Selanjutnya harapan kami dipelatihan ini lebih banyak diskusi antar peserta terkait praktek baik dan sukses masing-masing peserta selama mendampingi desa serta kendala-kendala yang dihadapi untuk didiskusikan solusinya, tutupnya.(*)



Editor : BN | Sulsel | Dny


News Of This Week