Kamis, 02 November 2017

Menuju Adiwiyata Nasional Sejumlah Kepsek Dasar Bahas Program Kerja di SDI.Antang I

Tags


Tampaknya peraih Adiwiyata Provinsi membahas program menuju sekolah Adiwiyata Nasional, Rabu (1/11/17), di SDI.Antang I Makassar

BN Online Makassar---Salah satu Program Adiwiyata adalah mendorong terciftanya pengetahuan dan kesadaran warga sekolah dalam upaya pelestarian lingkungan hidup serta menciptakan kondisi yang baik bagi sekolah untuk menjadi tempat pembelajaran dan penyadaran warga sekolah, sehingga dikemudian hari warga sekolah tersebut dapat turut bertanggungjawab dalam upaya penyelamatan lingkungan bagi sekolah dasar dan menengah di Indonesia.


Program Adiwiyata harus berdasarkan norma-norma Kebersamaan, Keterbukaan, Kejujuran, Keadilan, dan Kelestarian  Fungsi Lingkungan Hidup dan Sumber Daya Alam.demikian diungkapkan oleh Hj. Rosmiati, S, Pd. M, Pd saat media ini berkunjung kesekolahnya, Rabu 1 Nopember 2017.


Menurutnya, Untuk menjadikan sekolah yang peduli dan berbudaya Lingkungan maka diperlukan beberapa kebijakan sekolah yang mendukung dilaksanakan kegiatan pendidikan lingkungan hidup oleh semua warga sekolah sesuai dengan prinsip dasar program Adiwiyata yaitu partisipatif dan berkelanjutan.ini sesuai dengan arahan kadis pendidikan Kota Ismunandar, saat gelar pertemuan dengan sejumlah sekolah peraih adiwiyata provinsi beberapa waktu lalu.


 
"Sekolah telah ditujuk dalam partisipasi lomba sekolah adiwiyata, itu berarti sekolah sudah mengimplementasikan program kepedulian dan pelestarian lingkungan," Imbuhnya.


Kemudian lanjut Hj.Rosmiati, S, Pd. M, Pd katakan pembahasan program kerja yang dihadiri oleh sejumlah kepala sekolah kali ini tercatat 22 Kepsek yang tergabung dalam kelompok kerja (Pokja) Adiwiyata  khususnya sekolah yang menuju Adiwiyata tingkat Nasonal yang akan digelar kedepan tentunya terus membahas sejumlah program mengembangkan komponen dan standar ADIWIYATA yang meliputi:


1.Pemenuhan dan Penguatan Kebijakan Berwawasan Lingkungan
2.Pelaksanaan Kurikulum Berbasis Lingkungan dalam Proses Pembelajaran.
3.Peningkatan Kegiatan Lingkungan Berbasis Partisipatif.
4.Pemenuhan dan pengelolaan Sarana Pendukung Ramah Lingkungan.kemudian pembahasan sejumlah program lainya.


"Untuk mendukung program adiwiyata ini di bentuklah pokja-pokja. Pokja adalah suatu kelompok kerja yang mendukung jalannya program adiwiyata ini, seseorang yang berada di dalam kelompok kerja tentunya memiliki kesadaran lebih terhadap lingkungan. salah satu tugas pokja yang utama adalah menyadarkan temannya tentang betapa pentengnya arti kebersamaan saling melengkapii satu sama lain sehingga sekolah yang tergabung dalam kelompok kerja bisa bersama-sama pula meraih adiwiyata selanjutnya, dan itu merupakan target kami kedepan," Pungkasnya.



 Editor : | Bidik Makassar | Dien


News Of This Week