Selasa, 25 September 2018

Pendidikan Akidah Akhlaq Pada Warga Binaan Pemasyarakatan Rutan Kelas IIB Bantaeng.

Tags



BN.Online Bantaeng,-- Pendidikan Agama Islam Akidah Akhlaq pada WBP Rutan Bantaeng, menjadi salah satu bentuk pembinaan mental dan rohani bagi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP).

Kegiatan ini dilaksanakan di dalam Masjid At-Taubah Rutan Bantaeng pada Hari Selasa, 25 September 2018.

Pada kesempatan ini Abdul Asis Lallo sebagai salah satu utusan dari Kantor Urusan Agama (KUA) untuk dipercayakan memberi Pendidikan keagamaan Akidah Akhlaq kepada WBP Rutan Bantaeng mengenai “Perjalanan Hidup Manusia.”

“Perjalanan hidup manusia di dunia bagaikan mata air jernih menjadi sungai yang berliku – liku, dicemari sampah – sampah kehidupan, kena polusi duniawi, airnya jadi kotor dan busuk, namun lautan selalu menerima air kotor – busuk yang kembali kepadanya. Air kotor itu dibersihkan diangkat derajatnya jadi awan, bening lagi jadi air hujan dan bermanfaat lagi.  Demikian juga Allah lautan ampunan, lautan kasih sayang akan menerima siapa saja yang kembali kepada – Nya. Allah akan mengangkat manusia dari keterpurukan bagi yang bertawakal dan bertakwa kepada-Nya.Agama akan memberikan pedoman dan pegangan bagi manusia tentang bagaimana kehidupan ini harus dijalani agar manusia dapat sadar kemana mereka akan kembali setelah kehidupan di dunia ini berakhir.”Terang Abdul Asis.

Kepala Rutan Bantaeng Muhammad Ishak juga menerangkan bahwa “Pendidikan Islam mempunyai peranan penting dalam mengembangkan mental, hal ini dikarenakan pendidikan Islam memiliki nilai-nilai Islam yang bersumber langsung dari kitab suci Al-qur‟an dan Al-hadits. Pada dasarnya pendidikan Islam itu sendiri memiliki peran yang kongkrit dalam pembentukan kepribadian, terlebih lagi dengan pendidikan akhlak. Pendidikan akhlak mampu menjadi tolak ukur bagi perkembangan mental seseorang. bukan hanya dikurung di dalam sel jeruji besi, mereka juga dibina untuk memperbaiki perbuatan dan sifatnya.”Ujar Muhammad Ishak.

Bimbingan agama Islam tentang materi Akidah Akhlaq  ini lebih kepada pengembalian kesadaran WBP melalui kekuatan iman yang tertanam dalam jiwanya, serta menumbuhkan kembali sikap optimisme para WBP untuk tidak mengulangi perilaku buruk yang telah mereka lakukan serta merupakan pendidikan yang memperbaiki sikap tingkah laku manusia.

Editor |BN.Online Sul Sel | Edhy


News Of This Week