Jumat, 26 Oktober 2018

Murid SD Inpres Prumnas Antang 1 Latihan Materi Dasar Pramuka Siaga

Tags

Jum'at, 26/10/2018 10:32


BN Online Makassar—Salam Pramuka...., Tepuk pramuka..!! itulah bunyi yang mengawali latihan siswa-i sekolah dasar tingkat siaga dalam organisasi non formal yang berlambangkan tunas kelapa di SD Inpres Prumnas Antang 1 Kecamatan Manggala Kota Makassar. Jum'at, (26/10/) pagi.


Kegiatan pramuka tingkat siaga ini dipadu langsung oleh kepsek, Inung Astuti.S,Pd serta didampingi oleh beberapa guru.


Pada BN Online di lokasi latihan,Inung Astuti. S,Pd mengatakan kali ini kami sedang melatih "Pramuka siaga" siswa-i kelas 1 dan 2 pada tingkat mula-bantu dan tata.


Menurutnya, latihan Pramuka menjadi salah satu kegiatan ektrakurikuler wajib di sekolah sebab kegiatan pramuka secara tidak langsung membentuk anggotanya untuk memiliki watak, akhlak, dan budi pekerti yang luhur.


"Pada kegiatan pramuka biasanya diaplikasikan dengan bentuk kegiatan yang menarik, menyenangkan, terarah, terstruktur, praktis dan menyehatkan," terang Inung.


Lanjut Ia katakan, didalam pramuka ada pembagian kelompok anggota yang didasarkan pada usia atau kelas bila di sekolah. Untuk Pramuka Siaga kisaran usia 7 hingga 10 tahun atau usia SD, Pramuka Penggalang usia 11 hingga 15 tahun usia SMP dan seterusnya.

Dalam pemula ini kami bentuk beberapa kelompok atau satuan satuan terkecil dalam Pramuka Siaga sebanyak 7 kelompok dan 1 kelompok beranggotakan 5 orang pramuka siaga, kemudian diambil 1 pemimpin dalam perkelompok yang dipilih oleh anggota kelompok itu sendiri.



 "Jadi pada masing-masing pemimpin kelompok nanti akan dilihat bentuk kecakapanya, mengenal anggotanya dan lainya serta memilih satu orang dari mereka yang akan menjadi pemimpin utama," tutup Inung .(Sy@h)


News Of This Week