Selasa, 20 November 2018

SD Inpres Pampang 1 Bangun Smart Toilet

Tags

Selasa, 20/11/2018 12:30,Wita


BN Online Makassar – Sejumlah sekolah di Kota Makassar bakal dilengkapi toilet modern. Proyek itu dinamakan “Smart Toilet”.


Salah satunya adalah SD Inpres Pampang 1 Kecamatan Panakkukang Kota Makassar dan perencananya, proyek tersebut saat ini dalam tahap pengerjaan dan akan selesai dalam jangka waktu satu bulan kedepan di bulan desember 2018.


Ditemui di sekolahnya, Dra. Sebel Yusuf mengatakan, pembangunan smart toilet ini bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) 2018 melalui Disdik Kota Makassar diperuntukan bagi Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang tersebar di 15 kecamatan yang mempunyai lahan dan sesuai SOP-Nya.


“Smart toilet yang di bangun ini akan dilengkapi pasilitas yang serba super, beda dengan toilet pada umumya dan nanti sistem perawatanya dilakukan secara khusus dan bekala, sehingga tetap terjaga tingkat kebersihanya," Papar Dra.Sebel Yusuf pada BN Online. Senin ( 19/11/2018).


Sambungnya, sejauh ini kami belum tahu terkait dengan biaya pemeliharaanya, khusus Clening Cervice berapa idealnya dan apakah nanti menggunakan dana Bos.

"Karna khusus yang menjaga kebersihanya,toilet ini nantinya sangat dijaga kebersihannya, praktis, dan terurai. Perbulanya berapa, anggaranya dari mana..? semua ini harus jelas dan meski ada Juknis yang mengatur itu," tegas Dra.Sebel Yusuf.


Di ketahui sebanyak 84 sekolah SD dan SMP yang tersebar di 15 kecamatan mendapat kucuran dana Smart Toilet dari Disdik Kota Makassar bersumber dari DAK, APBD 2018 senilai Rp15.198.357.350.
(Sy@h)


News Of This Week