Senin, 31 Desember 2018

BNNK Polewali Mandar Berhasil Melakukan Pencegahan dan Pemberantasan Penyalagunaan Narkotika di Tahun 2018

Tags



BN Online, Polewali----Dalam kurung satu tahun BNNK polewali mandar melakukan pencegahan dan pemberantasan penyalagunaan narkotika diwilayah polewali mandar.


Pencegahan dan penggunaan narkotika dipolewali mandar selama tahun 2018 ini mengalami peningkatan. Bnnk telah berhasil mengungkap pelaku kejahatan peredaran Narkoba yang ada dipolewali mandar ini.


Bnnk berhasil mengungkap 5  kasus kejahatan narkotika selama ini sengat meresahkan masyarakat dengan jumlah tersangka 8 (delapan)orang dengan barang Bukit shabu seberat 84 gram. Kedelapan tersangka ini 7 orang sudah diponis dan satu orang Sementara dalam proses sidang ungkap kepala bnnk polewali mandar syabri syam s. Pd. M. Si. Dikantor bnnk Polewali mandar.


Komprensi Pres ini dibadiri Kasat Narkoba polres POLMAN  AKP.  Yan kasmanyanto. S. SOS. Nur ulia. S. Sos. M. Ap. Kasi rehabilitasi.Muh. Syafri yusuf. Sip. M. Ap. Kasubag umum. Iptu sigit nugroho. S.Sos. Kasi pemberantasan. Sultan sulaemon. S. Sos. Kasi p2m.


Pada pencegahan dan pemberdayaan masyarakat (p2m) telah melakukan upaya peningkatan koordinasi diberbagai sektor pendidikan instansi pemerintah lembah vertikal dan Swasta serta lingkungan masyarakat polewali mandar dalam rangka upaya pencegahan peredaran Narkoba dipolewali mandar.


Serta aktif bersosialisasi dan melaksanakan tes urine dan bertatap muka dengan masyarakat guna menyampaikan bahaya Narkoba khususnya kepada masyarakat anak  mudah yang ada dipolman ini guna membangun kesadaran, kepedulian dan kemandirian masyarakat dalam membentengi diri dari pengaruh penyala gunaan Narkoba.


Selama dalam waktu satu tahun ini bnnk polewali mandar telah merehabilitasi sebanyak 21 orang penyala gunaan narkoba baik yang rawat inap maupun rawat Jalan. Empat orang yang dirujuk kemakassar dua yang dimasukkan ke balai rehabilitasi baddoka makassar,  dua orang kepoli jiwa RSUD polewali mandar. Para pecandu ini datang secara sukarela datang melaporkan diri untuk mendapatkan pelayanan kesehatan dan ini tidak dipungut biaya (gratis).


Ungkap ka. Bnnk polewali mandar syabri syam telah membentuk tim asesmen terpadu (TAT) terdiri dari tim hukum perwakilan dari polres polman, kejaksaan negeri polewali, dan HAM. Pembentukan tim asesmen ini berdasarkan peraturan bersama ketua mahkama agung, menkumham, menteri kesehatan, menteri sosial, jaksa agung,  kapolri dan kepala BNN tahun 2014 tentang penanganan pecandu narkotika dan korban penyalagunaan narkotika.


Dengan dibentuknya tim asesmen terpadu dikabupaten polewali mandar tahun 2018 . 
39 orang yang tersangka telah melalui asesmen terpadu .


33(tiga puluh toga)  orang tersangka dari satuan reserse narkoba polres polman.  Dua orang tersangka dari polsek wonomulyo. Dan empat orang tersangka dari BNN kabupaten polewali mandar.


Dalam asesmen ini syabri syam menjelaskan tidak semua kasus penyalagunaan narkotika bisa melalui asesmen terpadu Ada beberapa kualifikasi bagi pelaku penyalagunaan narkotika yang terjerat hukum dan disidangkan dengan indikatornya barang bukti yaitu shabu shabu dibawah satu gram.


Tertangkapnya para pengedar narkoba dipolewali mandar Sulawesi Barat, dengan barang bukti shabu shabu seberat 84 gram, bnnk polewali mandar telah menyalamatkan 420 jiwa dari bahaya penyalagunaan narkotika.(Uni).






Editor : | BN Online | Dny


News Of This Week