Jumat, 21 Desember 2018

POLRES BANTENG MELAKSANAKAN APEL GELAR PASUKAN LILIN 2018

Tags




BN.Online Bantaeng,-- Kepala Kepolisian Resor Bantaeng AKBP Adip Rojikan SiK,MH memimpin pelaksanaan Apel Gelar Pasukan Ops Lilin   2018 di Lapangan Apel Mako Polres Bantaeng . Jumat 21 Desember 2018 pagi.


Kapolres Banteang  menyampaikan amanat Kapolri bahwa Apel gelar pasukan dilaksanakan dengan tema “Melalui Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin 2018 Kita Tingkatkan Sinergi Polri Dengan Instansi Terkait dalam rangka memberikan rasa aman dan nyaman pada Perayaan Natal 2018 dan Tahun Baru 2019”.



Dalam amanatnya Kapolri Jendral Pol. Drs. H.M. Tito Karnavian, M.A., Ph.D menyampaikan.



Apel Gelar Pasukan yang diselenggarakan secara serentak di seluruh jajaran ini, merupakan momentum penting untuk meninjau kesiap siagaan personel, melakukan pengecekan sarana dan prasarana pengamanan, serta guna memperkuat solidaritas para pemangku kepentingan yang dilibatkan dalam pengamanan Hari Raya Natal 2018 dan Tahun Baru 2019.


Polri telah menginventarisir beberapa potensi kerawanan di antaranya kejahatan konvensional yang meresahkan masyarakat, potensi aksi terorisme, sweeping ormas dan aksi intoleransi, kecelakaan muda transportasi baik darat, laut, maupun udara, ketersediaan dan stabilitas harga pangan, serta kemacetan dan kecelakaan lalu lintas.



Peningkatan intensitas kegiatan masyarakat akan memunculkan potensi meningkatnya kejahatan konvensional seperti begal, premanisme, maupun aksi street crimes seperti pencurian, pencopetan, dan sebagainya. Upaya cipta kondisi seperti Operasi Zebra dan kegiatan kepolisian yang ditingkatkan dengan sasaran kejahatan jalanan, premanisme, penertiban penyakit masyarakat, miras, dan petasan telah dilaksanakan.



Pada Apel Gelar Pasukan  2018 dilapangan Apel Polres Bantaeng turut pula dihadiri olehLetkol Kav NANANG SISWOKO,  ST ( Dandim 1410 Bantaeng ),ABDULLAH, S. STp ( Kasat Pol PP Kab. Bantaeng yang, mewakili Bupati Bantaeng ),FAISAL, S.STP., M.SI ( Ka Kesbang Pol Linmas ),Kapt CPM ZEV MASRI ( Kasub  Denpom Bantaeng ),Yang mewakili Kajari Bantaeng,Yang mewakili Ketua Pengadilan Kab. Bantaeng,Tokoh Agama serta tamu undangan lainnya.



Adapun sususan Peserta Upacara terdiri dari,1 sst Kodim 1410 Bantaeng,1 sst Sat Sabhra Polres Bantaeng,1 sst Bhabinkamtibmas Polres Bantaeng,1 sst Sat Lantas Polres Bantaeng,1 sst gabungan Sat Ibtelkam, Sat Reskrim dan Sat Res Narkoba Polres Bantaeng,1 sst Sat Pol PP Kab. Bantaeng,1 sst Damkar Bantaeng,1 sst Dishub Bantaeng,1 sst Dinas Kesehatan Kab. Bantaeng.



Dalam kesempatan tersebut Bapak Kapolres Bantaeng,berikan sambutan yang intinya.


“Operasi Lilin 2018 akan dilaksanakan selama 10 hari terhitung mulai tanggal 23 Desember 2018 sampai dengan 1 Januari 2019 , dengan mengedepankan kegiatan preventif didukung kegiatan intelijen dan penegakan hukum,” Kata Kapolres Bantaeng.


Kapolres juga menambahkan bahwa Pergantin tahun dari 2018 ke tahun 2019 akan memunculkan gangguan Kamtibmas antara lain,Maraknya peredaran miras / penjualan miras , dimana para pelaku beralasan bahwa menjual murah, merupakan mata pencaharian mereka.Untuk itu TNI - Polri dan instansi terkait untuk berdedikasi dan bekerjasama untuk melakukan pembinaan dan pemberantasan dan tidak adanya pengecualian terhadap para pelaku"Tambahnya.

Maraknya perkelahian kelompok, maraknya perjudian dimana hal tersebut merupakan tanggung jawab  kita bersama untuk mencegah.Kebiasaan masyarakat dalam menyambut pergantian tahun yaitu melakukan pesta sendiri - sendiri,  dimana hal tersebut merupakan  gangguan kamtibmas.Kebiasaan balap liar dimalam pergantian tahun.


Oleh karena itu  kapolres bantaeng mengajak seluruh instansi pemerintahan untuk berperan aktif dalam upaya menciptakan situasi yang aman dan Kondusif diwilayah Kabupaten Bantaeng .


Dalam Operasi Lilin 2018 Polres Bantaeng melibatkan 59 Personil ditambah personil dari KODIM 1410 Bantaeng, Satpol PP, Dinas Perhubungan serta instansi terkait lainnya.

Editor | BN.Online Sul Sel | Edhy


News Of This Week