Rabu, 12 Desember 2018

Rakor Kesiapan Operasi Lilin 2018 Polda Sulbar Untuk Mengamankan Perayaan Natal dan Tahun Baru



BN Online, Sulbar----Dalam rangka mendukung pelaksanaan Operasi Lilin Siamasei 2018 untuk mengamankan perayaan Natal 2018 dan Tahun Baru 2019, Kepolisian Daerah Sulawesi Barat menggelar Rapat Koordinasi Lintas Sektorat bersama para Stakeholder.


Rapat Koordinasi lintas sektorat ini mengangkat tema "Rapat Koordinasi lintas sektorat bidang operasional dalam rangka pengamanan Natal 2018 dan Tahun Baru 2019, kita bersinergi untuk meningkatkan pelayanan promoter kepada masyarakat, Rabu (12/12/18) di Aula Arya Guna Mapolda Sulbar.


Pelaksanaan Rakor Linsek ini dipimpin langsung oleh Kapolda Sulbar Brigjen Pol Drs. Baharudin Djafar, M.Si bersama Kasrem 142 Tatag, Kabinda, Ka BNN, dan Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Sulbar.


Turut hadir dalam kegiatan tersebut, OPD Lingkup Provinsi Sulbar, para Pejabat Utama Polda Sulbar, Basarnas, Dinas Kesehatan, Kepala SPBU Provinsi Sulbar dan seluruh tamu undangan lainnya.


Kapolda Sulbar dalam sambutannya sekaligus membuka kegiatan Rakor Linsek ini mengatakan Rapat Koordinasi ini sengaja dilaksanakan untuk saling memberi informasi tentang kesiapan kita masing-masing dalam memberikan rasa aman kepada masyarakat yang merayakan Natal 2018 dan tahun Baru 2019.


Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa perayaan Natal merupakan momen religius yang melebur dalam budaya bangsa dan setiap tahun senantiasa diperingati oleh segenap saudara kita yang beragama Nasrani dan Perayaan Tahun Baru atau pergantian tahun hampir seluruh lapisan masyarakat indonesia merayakannya dengan berbagai bentuk kegiatan sebagaimana agenda tahunan dalam kalender kamtibmas.


Disamping itu, hari raya Natal 2018 dan Tahun Baru 2019 akan terjadi peningkatan aktivitas masyarakat baik di tempat perbelanjaan, terminal angkutan udara, darat dan laut, tempat ibadah serta tempat rekreasi. 



Hal ini tentu akan menyebabkan terjadinya peningkatan mobilitas masyarakat baik manusia maupun barang yang berimplikasi pada masalah masalah kamtibmas yang harus dikelola dengan baik sehingga masyarakat dapat merayakan hari natal dan tahun baru dengan aman, nyaman dan selamat, serta terhindar dari rasa kekhawatiran.



Untuk mewujudkan keamanan dan kenyamanan serta keselamatan masyarakat dalam melaksanakan perayaan hari natal 2018 dan tahun baru 2019 maka target yang menjadi prioritas dalam pelaksanaan operasi lilin-2018 adalah:


1. Terwujudnya rasa aman dan nyaman masyarakat dalam melaksanakan kegiatan beribadah, maupun berwisata serta keamanan wilayah pemukiman yang ditinggal penghuninya.\terwujudnya keamanan, ketertiban, kelancaran, dan keselamatan lalu lintas baik angkutan darat, angkutan laut, maupun angkutan udara.


2. Terjaminnya keamanan dan kelancaran distribusi bahan pokok, bbm dan listrik sehingga tidak menimbulkan kekhawatiran masyarakat terhadap ketersediaannya.


3. Terwujudnya keamanan dalam aktivitas embarkasi dan debarkasi di pelabuhan/terminal darat, laut, maupun udara untuk menjamin keselamatan penumpang selama perjalanan maupun setibanya di tempat tujuan.


4. Dapat mengantisipasi dan meningkatkan kewaspadaan terhadap ancaman aksi terorisme, timbulnya rasa kepercayaan masyarakat kepada polri sebagai pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat para peserta rapat koordinasi sekalian.


Demi mencapai target tersebut diperlukan keseriusan kita dalam pelaksanaan operasi ini, melalui kerja sama dan sinergi dengan segenap stakeholder terkait serta komponen masyarakat lainnya, sehingga kita akan dapat memberikan pelayanan dan pengamanan secara komprehensif kepada masyarakat agar dapat memberikan hasil yang lebih baik dari tahun sebelumnya.


Hal ini merupakan tantangan bagikita semua untuk dapat mewujudkannya, sehingga Operasi Lilin 2018 ini harus dilakukan dengan penuh kesungguhan dan keikhlasan dari pengalaman kita pada pelaksanaan Operasi Lilin tahun sebelumnya, situasi kondisi kamtibmas maupun lalulintas serta faktor luar lainnya seperti infrastruktur kastruktur termasuk cuaca IKL RUH pada pelaksanan Operasi Lilin yang nanti akan kita laksanakan.


Usai memberikan sambutan, Kegiatan Rakor juga dirangkaiakan dengan disikusi untuk memberikan saran dan masukan dalam menyukseskan Pelaksanaan Operasi Lilin sekaligus untuk mewujudkan ide-ide dalam mengatasi segala persoalan yang ada.
Humas Polda Sulbar(Uni).






Editor : | BN Online | Dny


News Of This Week