Kamis, 31 Januari 2019

Pemerintah Kota Makassar akan Wajibkan Bagi SKPD Membuat Inovasi

Tags


BN Sulsel, Makassar----Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah atau Balitbangda Kota Makassar menggelar kegiatan Forum Inovasi Daerah, di Hotel Arthama, Jl Haji Bau Makassar, Kamis (31/1/19).

Tema kegiatan yang diusung adalah Membangun Sinergitas Penta Helix dalam Berinovasi di Kota Makassar.

Sekretaris Daerah (Sekda) kota Makassar Muhammad Anshar yang mewakili wali kota dalam sambutannya mengemukakan, forum inovasi daerah merupakan forum bagi organisasi pemerintahan untuk menciptakan berbagai kreatifitas Inovasi di SKPD-nya.

Anshar menjelaskan, pemerintah adalah organisasi pemegang kekuasaan yang akan mengatur berbagai cara dalam melaksanakan inovasi, sebagai bentuk kreatifitas memajukan berbagai pelayanan publik suatu pemerintahan.

"Beberapa negara top down hancur dengan sendirinya, diakibatkan tidak adanya kreatifitas untuk melakukan inovasi, sehingga tergilas dan tersisihkan Itulah penngnya sebuah krearifitas inovasi dalam suatu pemerintahan," jelasnya.

Sekda yang baru beberapa hari dilantik ini pun yakin, nantinya akan banyak inovasi yang lahir di lingkup Pemkot Makassar.

Ia juga akan melapor ke wali kota untuk membuat surat edaran terkait kewajiban bagi SKPD membuat inovasi.

"Insya Allah di lingkup pemkot akan banyak inovasi yang dimunculkan, saya akan melapor ke wali kota untuk membuat kebijakan berupa surat edaran ke semua SKPD sampai tingkat lurah, untuk membuat inovasi," tukas Anshar.

"Kita akan tentukan berapa jumlahnya, misalnya camat berapa, lurah berapa, dan lain-lain. Ini cara paling baik untuk melihat kemampuan sumber yang ada di tingkat bawah," tambahnya.

Lanjut Anshar, kinerja setiap SKPD akan dilihat dari inovasinya, dan jika tidak dilaksanakan, bisa diberi sanksi
"Tapi saya kira tidak, semua pasti akan melaksanakan, apalagi sudah ada perintah dari pimpinan," tutup Anshar. (*)





Editor : | BN Sulsel | Dny 


News Of This Week