Jumat, 22 Februari 2019

Calon Operator IPLT Ikut Pelatihan

Tags


BN Online, Sidrap----Sejumlah petugas yang disiapkan menjadi operator Instalasi Pengolahan Air Lumpur Tinja (IPLT) dan truk penyedot tinja mengikuti pelatihan, Kamis (21/2/2019).

Pelatihan terkait gambaran Standar Operasional Prosedur (SOP) tugas yang akan mereka emban. Mulai tahap administrasi, teknis pengoperasian dan perawatan mesin penyedot serta mekanisme saat truk tiba di IPTL.

Adapun pelatihan diawali sesi pemaparan teori di Ruang Rapat Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang dan Perhubungan Sidrap. Kemudian dilanjutkan kunjungan ke lokasi IPLT yang terletak di dekat TPA Patommo, Kelurahan Arawa, Kecamatan Watangpulu.

Pelatihan dibuka Kepala Bidang Infrastruktur Dan Pengembangan Bappelitbangda Sidrap, Muhammad Basri, dihadiri unsur Dinas PUPR dan Perhubungan serta dari Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman, Pertanahan, Dan Lingkungan Hidup.


Sementara sebagai pemateri Konsultan USDP, Yudi Wijanarko dan Richard. Untuk berbagi pengalaman, panitia menghadirkan dua orang operator IPLT dari Kabupaten Soppeng.

Muhammad Basri mengatakan, saat ini Pemkab Sidrap telah memiliki satu unit mobil penyedot tinja yang akan dioperasikan dalam waktu dekat. "Untuk itu, diharapkan pihak yang terkait langsung, aktif menyiapkan pengoperasian kendaraan tersebut,"ujar Basri.

Basri yang juga mewakili Pokja AMPL Sidrap menambahkan, pelatihan tersebut juga sebagai persiapan pencanangan Gerakan Sidrap SehATi atau Sehat Aman dari Tinja.

"Sidrap SehATi merupakan paket kebijakan pengelolaan air limbah domestik menyeluruh dan berkelanjutan,"kunci Basri.(Drwn)




Editor : | BN Online | Dny


News Of This Week