Jumat, 08 Februari 2019

Derjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil Gelar Rakornas "Dukcapil Go Digital"

Tags

Jum'at, 08/02/2019 03:52 PM

Makassar,Sulsel,BN -- Derektorat Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dudcapil) menggelar rapat koordinasi nasional bersama Kenentrian Dalam Negeri RI (Kemendagri) Tahap 1 tahun 2019, Di Hotel Four Point by Sheraton Kota Makassar, Kamis (07/02/2019) 08:57 AM.

Dari data pantauan BN, Rakornas yang mengangkat tema "Dukcapil Go Digital" tersebut dihadiri Wakil Gubernur, Andi Sudirman Sulaiman, Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Prof. Dr. Zudan Arif Faldrullah, Sekretaris Ditjen Dukcapil RI, I Gede Suratha , seluruh jajaran Kementerian Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Bupati/Walikota se Indonesia serta para mitra kerja.

Dalam sambutanya, Andi Sudirman sangat mengapresiasi adanya terobosan baru dukcapil go digital ini. "Saya disini bekerja sama dengan bapenda dan Polri untuk bagaimana digitalisasi ini dapat difungsikan untuk memback-up dari cybercrime," ucap Andi Sudirman.

Menurutnya, data digital ini dapat mengefisienkan waktu. Selain itu, tidak perlu membawa banyak kartu lagi.

Sementara itu, Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Prof. Dr. Zudan Arif Faldrullah, menyampaikan.sistem harus bekerja epektif sebagai satu alat administrasi. dan berharap penuh Dukcapil dalam empat tahun ini dapat terwujud yakni suatu pelayanan yang terintegrasi 3 in 1, 4 in 1 sampai 6 in 1.

Kemudian, Pembuatan E- KTP tanpa pengantar dari RT / RW, Desa /Kelurahan.

"Masyarakat cukup membawa fotokopi KK, perekaman dan pembuatan E- KTP yang tidak mengubah elemen," bebernya.

Menjelang akhir acara pemberian sebanyak enam kategori penghargaan kepada kepala dinas dukcapil dan mitra dukcapil yang secara nyata telah menunjukkan peranannya di dalam meningkatkan kualitas pelayanan. (Sy@h)


News Of This Week