Rabu, 13 Februari 2019

Parepare Ethnic Islamic Fashion Week


BN Online, Parepare----Momentum Parepare Ethnic Islamic Fashion Week (PEIFW), 2109 diharapkan mampu mengembangkan kreativitas para perancang busana dan pengrajin kain di Parepare dan sekitarnya termasuk Sulawesi Selatan, agar mereka memiliki segment pasar yang lebih luas.

"Bidang fashion merupakan salah satu industri yang penting dalam pengembangan Industri Kreatif di Indonesia. Fashion merupakan penyumbang 30% dari seluruh sektor Industri Kreatif terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) Nasional,"

*Selain itu kegiatan *PEIFW* ini juga bertujuan untuk mengangkat kekayaan dan keunikan ragam hias,tenun & diharapkan bisa memunculkan batik Parepare , dan tenun yang dimiliki Parepare - Sulawesi Selatan untuk dapat terus dikenal dan menjadi dari keberagaman warisan budaya dunia. 

PEIFW merupakan event yang digelar sebagai ajang apresiasi kepada desainer-desainer muda Parepare dan Sulawesi Selatan agar dapat mengenalkan hasil karyanya ke pasar Nasional dan Internasional, Pemerintah melalui DEKRNASDA Parepare mendorong kreatifitas desainer untuk mengembangkan karyanya dengan memberikan ruang dalam menampilkan kreatifitas tersebut pada kegaitan-kegaitan tahunan pemerintah demi melestarikan kekayaan ethnic fashion di Parepare-Sulawesi Selatan.

"Disamping mendorong desainer di Parepare-Sulawesi Selatan lebih berkreatifitas dan melestarikan keberadaan para pengrajin, kita juga berharap para pengrajin meningkatkan ke profesionalan dalam meningkatkan mutu karya dari hasil kreatifitas kerajinannya,"

kali PEIFW ini bertempat di Monumen Cinta Sejati Ainun Habibie-Parepare Sulawesi Selatan yang diselenggarakan pada Hari  ...... , Tanggal ....., Bulan ..... 2019. - sampai dengan Hari...., Tanggal....,Bulan....2019. 

Kegiatan ini terdiri atas beberapa acara - antara lain :

- Lomba Busana Daerah Modifikasi

- Lomba Gaya BerSarung

-Lomba Penampilan Keluarga  Muslim
Serasi

-Lomba Cindera Mata Khas Parepare

-Lomba Disain Batik Parepare 

-Lomba Perancang Mode Parepare 

- Peragaan Busana Karya Perancang Parepare & Nasional (Oleh KDEI Komunitas Desainer Etnik Indonesia.

PEIFW untuk kali ini akan menampilkan hasil karya-karya para designer daerah Parepare dan Nasional.

Diantaranya adalah Hj Erna Rasyid Taufan Selaku Ketua Dekranasda Parepare,
Ketua TIM Penggerak PKK,
Pembina Komunitas Desainer Etnik Indonesia.
H.Raizal Boeyoeng Rais Ketua Komunitas Desainer Etnik Indonesia.Dimas Mahendra Penasehat Komunitas Desainer Etnik Indonesia.
Yus Oktaviani Perancang Nasional.

PEIFW event ini dalam artian sedang mengangkat suatu industri fashion dengan nuansa kekayaan Parepare Sulawesi Selatan, Dengan didasari oleh keindahan dan kekhasan budaya serta keunikan ragam hias tenun, ukiran dan motif motif yang dimiliki, patut dilestarikan dan dikembangkan. 

PEIFW bertujuan untuk memperkenalkan aneka ragam produk fashion berbasis warisan budaya.(Yuni).




Editor : | BN Online | Dny


News Of This Week