Rabu, 13 Februari 2019

Puskesmas Tabaringan SosialisasIkan "Hallo-Hallo DBD" Pada Warga

Tags

Selasa, 12/02/2019 07:11 PM


  Rudianto Joto.M,Kes, Kapus        Tabaringan Makassar

Makassar, Sulsel, BN– Untuk mencegah dan antisipasi sedini mungkin terhadap penyakit demam berdarah dengue (DBD) yang disebabkan oleh nyamuk aedes aegypti puskesmas tabaringan kota makassar gencar melakukan sosialisasi "Hallo-Hallo DBD" pada warga.

Kapus Tabaringan,Rudianto.Joto. M, Kes  mengatakan,bila memasuki musim hujan biasanya penyakit DBD muncul. Untuk itu masyarakat harus waspada terhadap ancaman penyakit yang disebabkan nyamuk aedes aegypti. Penyakit ini bila terlambat ditangani bisa berakibat fatal,resikonya kematian.

Menurutnya, Untuk mengantisipasi ancaman tersebut, Atas petunjuk dan arahan dari Dinas Kesehatan dengan mengerahkan seluruh tim works Hallo-Hallo DBD dengan mengintari lorong-lorong dan posyandu yang tersebar di tujuh kelurahan. Tujuanya untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang bahaya penyakit tersebut. "Dengan begitu masyarakat lebih waspada dalam melakukan pencegahan dini," ungkap Rudianto Joto pada BN di Ruang Kantornya,Rabu (12/02/2019)

Lanjut Dia Katakan, Selaku penanggung jawab Puskesmas telah mengarahkan dan memberikan sosialisasi terhadap potensi munculnya berbagai macam penyakit,seperti penyakit blang-belang putih (Mati Rasa),DBD, Imunisasi Campak,MR,Defteri dan lain-lain.

Kemudian, untuk mengetahui dan cara nengatasi sumber penyakit DBD Ada tiga cara yang kita sebut dengan 3 M, yakni Mengubur sampah barang-barang bekas, menguras tempat penampungan air dan Menutup tempat penampungan air serta Mendaur ulang sampah plastik serta melakukan pugeng untuk mematikan nyamuk Aedes Aegypti.

"Adapun data pasen DBD yang masuk di Puskesmas mulai januari hingga Februari 2019 ini sudah ada 05 pasien yang terdata,dan telah kami rujuk ke-RS terdekat,mudah-mudahan semua pasen cepat terrangani dengan baik," Tutup Rudianto. (Sy@h)

Editor /BN Malassar /Lukman


News Of This Week