Rabu, 10 Juli 2019

Kompleks SDN Ujung Tanah 1 & 2 Meriahkan Hari Kebudayaan Kota Makassar



BN ONLINE, MAKASSAR - Pemerintah Kota Makassar mencanangkan Hari Kebudayaan Kota Makassar, Senin (1/4/2019).

Pemkot Makassar mengimbau kepada lembaga pemerintah dan swasta, pusat perbelanjaan, hotel, dan seluruh elemen masyarakat mengenakan pakaian adat.


Termasuk guru dan murid SD dan SMP di Makassar, juga diminta mengenakan pakaian adat ke sekolah.

Pantauan bidiknasional-online.com, guru beserta murid di SD Negeri Kompleks Ujung Tanah 1 & 2 juga turut mengenakan pakaian adat ke sekolahnya.

Berbagai jenis pakaian adat yang dikenakan, seperti adat Bugis Makassar, Toraja, Jawa, dan pakaian adat nusantara dikenakan murid dan guru di sekolah tersebut.

"Momentum Hari Kebudayaan Kota Makassar ini, menurut saya cukup bagus, sebagai salah satu cara mengenalkan budaya bangsa kita kepada generasi penerus bangsa (pemuda)," kata Kepsek SD Negeri Ujung Tanah 2, Iskandar saat ditemui bidiknasional-online.com.

Bukan hanya mengenakan pakaian adat, Tutur Iskandar, tetapi murid di sekolahya juga turut membawa aneka kue tradisional ke sekolah.

Kue tradisional khas Bugis Makassar seperti barongko, apang, jalangkote, dan aneka kue lainnya turut dibawa untuk dimakan bersama di sekolah.

Seorang murid di sekolah tersebut,  Wahyuni mengaku senang bisa mengenakan pakaian adat ke sekolahnya.

"Sangat senang dan bangga bisa pakai baju adat, apalagi selama ini kan kita ke sekolah pakai baju sekolah. Khusus hari ini, kita pakai baju adat daerah masing-masing," Ujar Wahyuni.

Selain mengenakan pakaian adat, Pemkot Makassar juga melaksanakan parade budaya, focus group discussion (FGD), malam festival budaya, dan festival kuliner, dalam rangka Hari Kebudayaan Kota Makassar. (Andis)


News Of This Week