Jumat, 26 Juli 2019

Masyarakat Pulau Langkai Inginkan Pembentukan Kelurahan Baru di Kecamatan Kepulauan Sangkarrang

Tags


BN Online, Makassar--Salah satu kepulauaan terluar kota Makassar.terletak di kelurahan barrang caddi kec. Kepulauaan sangkarrang kota makassar. Untuk bisa ke pulau langkai satu-satunya alat transportasi yg digunakan tentulah dengan menggunakan jalur laut namun untuk sampai kesana tak semudah yang di harapkan. Minimal harus punya kenalan dengan penduduk lokal agar bisa mengetahui jadwal   keberangkatan kapal.

Tak seperti pulau pada umumya kota makassar yg memiliki kapal antar jemput penumpang. Akses untuk kesana mengandalkan hasil tangkapan laut masyarakat pulau. Sebab masyarakat yang hendak kemakassar harus menumpang di pemilik kapal pengangkut ikan.

Tentu itu menjadi sebuah masalah administratif yang perlu di perhatikan oleh pemerintah kota dan kecamatan mengigat kantor kelurahan terdapat  di  pulau barrang caddi dan kantor camat di pulau barrang lompo. Mungkin bisa di fikirkan bagaimana repotnya. Warga dari pulau langkai  harus ke pulau barrang caddi lalu kebarrang lompo itupan harus nginap di pulau  tersebut karna kapal penumpang yg berangkat hanya 1 kali keberangkatan.

Tentulah semoga kedepan pulau langkai bisa segera di bentuk menjadi Kelurahan dg beberapa pertimbangan:
1. Jumlah  penduduk yg hampir 1000
2. Kualitas  pendidikan dr tingkat TK hingga smp sudah ada
3. Fasilitas kesehatan yg menunjang dengan berdirinya puskesmas.
4. Fasilitas ibadah. Yakni dengan 2  mesjid

Setidakya ini bisa menjadi alasan yg kuat disegerakanya pembentukan kelurahan baru di wilayak Kec. Kepulauaan sangkarrang. Mengigat syarat utama terbentuknya kecamatan adalah minimal terdiri dari 5 kelurahan/desa. Sedangkan  kecamatan kepulauaan sangkarrang hanya memiliki 3 kelurahan yakni.
Kel. Barrang lompo
Kel.barrang caddi
Kel. Kodingareng

Secara adminitrasi pun kecamatan kep.Sangkarrang blum bisa di Sebut kecamatan karna salah satu unsur tidak terpenuhi. (Tiar)




Editor : | BN Online | Dny


News Of This Week