Selasa, 02 Juni 2020

BLT di Padongko Diduga Tidak Tepat Sasaran, RT: Kami Tidak Dilibatkan

Tags


BN Online, Barru---Pemerintah Kelurahan Mangempang, Kabupaten Barru, Sulsel, diduga pendataan bantuan langsung tunai (BLT) tidak melibatkan perangkat RT di lingkungan Padongko.

Hal itu disampaikan ketua RT 3, Kamaruddin saat di wawancara oleh awak media BN, Selasa (2/6/2020) sekitar pukul 16.00 WITA.

“Saya tidak dilibatkan dalam pendataan warga untuk penerima BLT,” ucapnya.

Bahkan, lanjut Kamaruddin, beberapa ketua RT juga tidak dilibatkan dalam melakukan pendataan. Termasuk RT 1, RT 2 dan RT 4.

“Kami sangat menyayangkan pelaksanaan pendataan diduga tidak tepat sasaran, termasuk ada oknum pensiunan PNS yang menerima bantuan tersebut,” jelasnya.

Kamaruddin mencontohkan, di RT-nya sendiri ada yang seharusnya berhak menerima namun tidak terdata dalam pembagiian bantuan itu.

“Seperti kejadian di RT saya, ada yang berhak menerima, namun tidak terdata karena saya tidak dilibatkan. Ini kan menimbulkan tanda tanya buat saya, khususnya warga saya itu sendiri,” dia menambahkan.

Pada kesempatan yang sama, salah satu warga  RT 3 Arham Majid sangat menyayangkan hal ini. Seharusnya kata Arham, pihak pemerintah (Lurah) melibatkan semua unsur perangkatnya, khususnya RT, karena mereka (RT) yang lebih tahu tentang kehidupan warga itu sendiri, mana yang layak atau tidak layak.

Terpisah, ketua ormas DPC LAKI Barru, Andi Agus juga sangat menyayangkan sikap pemerintah kelurahan Mangempang yang tidak melibtakan ketua RT dan kepala lingkungan.

“Padahal di regulasi yang ada ketua RT yang seharusnya berperan aktif melakukan pendataan dan di koordinir oleh kepala lingkungan,” jelasnya.

Andi Agus juga mempertanyakan kenapa RT dan kepala lingkungan tidak dilibatkan. Sementara kata Andi Agus, diduga ada orang dekat pejabat kelurahan yang melakukan  pendataan.

“Kalau seperti ini otomatis banyak warga tidak mampu tidak terdata. Disisi lain ada sejumlah oknum istri PNS ikut menikamti dana BLT tersebut,” tambahnya.

Andi Agus meminta data penerima BLT di kelurahan setempat agar dipajang di kantor kelurahan sehingga masyarakat mengetahui transparansi penerima dana bantuan itu.

Tidak sampai disitu, awak media BN mencoba mengomfirmasi Kepala Lingkungan Padongko namun dia tidak ada ditempat.(Qdri)


Editor : | BN Online | Dny


News Of This Week