Sabtu, 13 Juni 2020

SMP Negeri 48 Makassar, Gelar Launching Penanaman Tanaman Herbal.



BN Online, Makassar -- Untuk menciptakan situasi dan kondisi yang nyaman dan aman di lingkup sekolah, SMP Negeri 48 Makassar menggelar launching penanaman tanaman herbal, Sabtu (13/06/2020).

Launching ini menjadi langkah awal gerakan penanaman tanaman herbal di sekolah SMP Negeri 48 Makassar. Apalagi di masa pandemi Global Covid-19 yang terjadi saat ini, kita semua sangat membutuhkan yang namanya tanaman herbal.

Saat di temui oleh awak media bn.com, Rakhmaniar Basri, S.Pd., M.Si., mengatakan, bibit kami peroleh, bantuan dari orang tua siswa(i) dan bantuan dari dinas perikananan dan pertanian Kota Makassar, ada juga yang kami beli seperti tanaman kencur dan lain - lain.


Kegiatan ini kami gelar mulai pukul 09.00 Wita sampai selesai, dengan ceremonial sederhana yang di awali pembacaan ayat suci Al-Qur'an oleh Inayah, S.Ag., kemudian pembacaan doa oleh Yusdar, S.Pdi.

Jenis herbal yang kami tanam di sekitar halaman sekolah SMP Negeri 48 Makassar antara lain jahe, kunyit, kencur, temulawak, sereh, cemangi, gingseng, pandan dan lainnya.

Tanaman seperti ini sengaja kami tanam sebab dapat meningkatkan imunitas tubuh, yang artinya sangat berguna untuk kesehatan, apalagi saat ini masa pandemik global Covid-19. Kegiatan yang kami lakukan ini juga sejalan dengan program pemerintah serta tim penggerak PKK Kota Makassar, ucapnya.


Adapun yang hadir dalam kegiatan launching penanaman tanaman herbal di sekolah SMP Negeri 48 Makassar :

1. Plt. Kadis Pendidikan Andi Amalia Malik, SH.

2. Kadis Perikanan dan Pertanian H. Abd. Rahman Bando, SP., M.Si.

3. Kabid Sarana dan prasarana, B.Linda Deriyani, ST. MT.

4. Kabid Dikdas Ahmad Hidayat, S.Pd., M.Pd.

5. Kepala sekolah SMP Negeri 48 Makassar Rakhmaniar Basri, S.Pd, M.Si.

6. Ketua Forum LPM Kec. Rappocini.

7. Pemerintah setempat, serta seluruh stakeholder.


Untuk menjawab kebutuhan seluruh warga sekolah serta masyarakat sekitar. Di tengah pandemik global Covid-19, "kami bisa meluncurkan satu inovasi launching taman dan tanaman herbal yang memang sangat dibutuhkan. Apalagi sekarang adalah pandemik Covid-19, salah satu untuk mencegah terjadinya penularan Covid-19 ialah dengan meningkatkan imunitas. "Imunitas itu dapat dilakukan dengan mengkonsumsi makanan atau minuman herbal alami".

Selain itu, juga mengajak warga sekolah dan warga sekitar untuk menanam di halaman rumah mereka masing - masing. Ini juga bisa mengkombinasikan-nya dengan varian tanaman lainnya melalui pemanfaatan lahan yang ada di halaman.


Sebagai kepala sekolah di SMP Negeri 48 Makassar, Rakhmaniar Basri, S.Pd., M.Si., "merasa bahagia karna dalam sambutan Kadis Pendidikan Kota Makassar Andi Amalia Malik, SH., sangat mengapresiasi sekali kegiatan ini. Kami juga senang dan bangga sebab, kadis pendidikan, kadis perikanan dan pertanian, kabid Dikdas, Kabid Sarana Prasarana, pemerintah setempat, serta seluruh stakeholder bisa hadir dalam kegiatan yang kami gelar ini, pungkasnya.

Ia pun tentunya mengaharapkan "tanaman herbal yang kami tanam ini kelak bisa di panen. Panen ini nantinya semua warga sekolah dan warga sekitar sekolah dapat menikmati hasilnya,  kemudian di gunakan/di konsumsi sebaik - baiknya untuk berobat ataupun untuk bumbu - bumbu dapur".

Untuk kedepan-nya sendiri, bagaimana meningkatkan partisipasi aktif warga sekolah dan sekitar agar tumbuh rasa kepedulian yang sama. Dibutuhkan kerja keras Pengurus dan kekompakan seluruh stakeholder untuk bersama bahu membahu menyukseskan program pembudidayaan tanaman atau tumbuhan herbal termasuk program lainnya.  Sehingga dapat memberikan manfaat kepada warga dan kemajuan lingkungan sekolah utamanya di SMP Negeri 48 Makassar ini, tutupnya.


Editor//BN Online//ilham


News Of This Week