Minggu, 30 Januari 2022

Kemana Dana 52 Juta Kok 47 Kades Yang Dilantik Diminta 4 Juta.

 


BN Online, Banyuasin - Miris 47 Kepala Desa Dari 5 Kecamatan terdiri dari Kecamatan Suak Tapeh, Tungkal Ilir, Betung, dan Selat Penuguan, yang dilantik pada, Sabtu 29 - Januari - 2022 lalu diduga kena palak oknum yang tidak bertanggung jawab senilai 4.000.000 (empat juta rupiah) per kepala," Minggu (30/01/2022).


Dilansir dari halaman Media online Bukadata.net yang diunggah pada Sabtu (29/01/2022) lalu,  Sebelum mengikuti pelantikan, sejumlah kades mengaku diminta menyiapkan dana hingga Rp 4. 


“Untuk pelantikan, 4 juta, uangnya untuk konsumsi, dan tenda,” ujar salah satu kades yang minta identitasnya dirahasiakan kepada redaksi bukadata.net. 


Uang tersebut harus disetor H-3 sebelum pelantikan digelar. “Ya gak apa-apa, itung-itung sedekah.”


Kades lainnya yang juga minta namanya dirahasiakan, mengaku aneh dengan permintaan uang yang diduga dikoordinir oleh pihak kecamatan itu. 


“Karena setiap titik pelantikan itu dijatahi Rp 52 juta, jadi aneh saja kalau kami masih diminta uang sebelum dilantik,” tambah sumber ini. 


Ketua Koalisi Masyarakat untuk Sumsel (KMS), Faisal menyayangkan terjadinya pungutan uang setiap momen pelantikan kades. 


“Kalau diawal sudah dipalak, ya wajar kalau nanti kades korupsi untuk mengembalikan uang itu,” terang Faisal. (fan) 


(Rendi)


News Of This Week