Kamis, 17 Agustus 2023

Hut Ri Ke-78, Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kota Makassar Launching Inovasi Dukcapil Go Digital

 


BN ONLINE MAKASSAR--Hari Kemerdekaan ke-78 Republik Indonesia dirayakan dengan penuh kebanggaan dan semangat di Kota Makassar. Tahun ini, perayaan tersebut menjadi sangat istimewa karena dirangkaikan dengan peresmian secara langsung empat Program Inovasi Pemerintah Kota Makassar.(17/08/2023)

Peresmian dikakukan langsung oleh Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto. Salah satu program inovatif yang menjadi sorotan adalah “Dukcapil Go Digital,”.

Inovasi tersebut upakan bentuk pengembangan dari program nasional berbasis Satu Data Kependudukan. Inovasi ini diharapkan akan membawa perubahan positif dalam penyediaan layanan terkait dokumen kependudukan di Kota Makassar.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Muh. Hatim Salam menyampaikan bahwa melalui “Dukcapil Go Digital,” akses layanan kependudukan akan semakin mudah dan terbuka bagi masyarakat.

“Program ini dirancang untuk meningkatkan efisiensi serta kualitas pelayanan kepada warga,” kata Hatim

Namun, Hatim juga menegaskan bahwa program ini tetap menjaga privasi masyarakat. Terutama dalam hal-hal yang sangat sensitif seperti sidik jari dan pengambilan foto pada rekam KTP elektronik.

Sementara jtu, Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto mengatakan peresmian “Dukcapil Go Digital” menjadi momen bersejarah yang menandai komitmen Pemerintah Kota Makassar untuk terus berinovasi dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

Program ini diharapkan akan membantu mempercepat proses administrasi kependudukan, meningkatkan efisiensi birokrasi, dan menghasilkan dokumen kependudukan yang lebih akurat.

“Selamat atas peluncuran Program Dukcapil Go Digital, sebuah langkah maju dalam mewujudkan pemerintahan yang modern dan berorientasi pada pelayanan. Semoga program ini dapat memberikan manfaat besar bagi warga Kota Makassar dan menjadi contoh bagi daerah lain di Indonesia,” pungkas Danny Pomanto sapaan akrabnya.(**)



News Of This Week