Minggu, 01 Oktober 2023

Peringati Hari Kesaktian Pancasila 2023, Kepala SDN Mattoangin 1 Kota Makassar Harap Siswa Paham Makna Kesaktian Pancasila



BN Online, Makassar -- UPT SPF SDN Mattoangin 1 Kota Makassar menggelar upacara bendera di lapangan utama sekolah. Acara tersebut dihadiri dengan penuh semangat oleh seluruh guru, staf sekolah, dan para siswa sebagai bentuk penghormatan dan mengenang kembali jasa para pahlawan revolusi dalam mempertahankan ideologi Pancasila.


Upacara tersebut bertujuan untuk memperingati Hari Kesaktian Pancasila, yang merupakan momen penting dalam sejarah Indonesia. Para peserta upacara mengenakan seragam dengan khidmat, menciptakan suasana yang penuh kebanggaan dan nasionalisme.


Dalam sambutannya, kepala sekolah UPT SPF SDN Mattoangin 1, Reni Astuty Latif, S.Pd, M.Pd  menekankan pentingnya nilai-nilai Pancasila dalam membentuk karakter dan persatuan bangsa. Melalui kegiatan ini, diharapkan siswa dapat lebih memahami makna kesaktian Pancasila dan melibatkan diri secara aktif dalam menjaga keutuhan negara.


"Melalui momen peringatan Hari Kesaktian Pancasila ini saya mengajak kepada semuanya khususnya anak-anakku siswa siswi SDN Mattoangin 1 untuk mengenang kembali perjuangan para Pahlawan Revolusi kita yang telah mengorbankan jiwa raganya demi menjaga  dan mempertahankan ideologi bangsa Indonesia yaitu ideologi Pancasila," ujar Reni Astuti dalam amanatnya saat upacara pada 1 Oktober 2023 lalu.


Selama upacara, dilakukan penghormatan kepada bendera Merah Putih, disertai dengan pembacaan teks Pancasila sebagai komitmen bersama untuk mempertahankan nilai-nilai luhur bangsa. Para guru memberikan pengajaran singkat tentang peran pahlawan revolusi dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.


Hal senada disampaikan salah seorang guru di UPT SDN Mattoangin 1, Ia mengatakan bahwa Hari Kesaktian Pancasila hendaknya bisa menjadi momen dalam membentuk kepribadian dan karakter seluruh siswa dan siswi, terutama dalam menguatkan tekad untuk meraih prestasi dan menjadi unggul dalam setiap kegiatan positif baik di sekolah maupun dalam lingkungan masyarakat sehari-hari.



Peringatan Hari Kesaktian Pancasila di SDN Mattoangin 1 Kota Makassar menjadi momentum untuk mengokohkan tekad generasi muda dalam mewarisi dan menjaga keutuhan negara, sekaligus merayakan keberagaman sebagai kekuatan bersama. (Yahya)


Editor: Dellate


News Of This Week