Kamis, 14 September 2023

Waspada Dampak El Nino Bagi Kesehatan Masyarakat, Ini Imbauan Kabid P2P Dinas Kesehatan Kota Makassar

 


BN ONLINE MAKASSAR--Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes Kota Makassar, dr. Andi Mariani, mengatakan salah satu dampak dari El Nino adalah dehidrasi, sehingga masyarakat sering kali mengkonsumsi air dingin yang bisa menyebabkan terjadinya radang tenggorokan jika dikonsumsi secara berlebihan.

Hal tersebut disampaikan Kepada Bidang Pencegahan dan Pengendalian Dinas Kesehatan Kota Makassar, dr. Andi Mariani saat menjadi narasumber di Podcast Smartfm Makassar 101.1 FM dengan topik “Waspada Dampak El Nino Bagi Kesehatan Masyarakat,” Kamis (14/09/2023).

Ia pun mengimbau masyarakat agar menjaga kesehatan di masa kemarau berkepanjangan yang terjadi saat ini. Salah satunya dengan mengurangi konsumsi air dingin secara berlebihan.

“Hindari konsumsi air dingin atau air es yang berlebihan di masa kemarau karena bisa menyebabkan radang tenggorokan,” jelasnya.

Kondisinya sekarang lagi panas, kata Nani, sehingga masyarakat mudah dehidrasi, karena panas seperti itu masyarakat cenderung minum air dingin.

Ia menyebutkan, di masa kemarau saat ini, masyarakat juga disarankan agar menggunakan masker untuk menghindari debu dan banyak mengkonsumsi air putih.

“Apalagi sekarang ini banyak debu, oleh karena asupan cairan pada tubuh mesti lebih dimaksimalkan, konsumsi air putih yang banyak dan gunakan masker,” katanya.

Pihaknya juga mengimbau masyarakat agar lebih banyak konsumsi buah-buahan serta sayuran untuk menjaga keseimbangan gizi. “kemudian perlu makan buah dan sayuran agar terjadi keseimbangan gizi dalam tubuh,” pungkasnya.(**)



News Of This Week