Kamis, 21 September 2023

Adanya Krisis Air Bersih di Kota Makassar Mulai Berdampak ke Layanan Kesehatan



BN ONLINE MAKASSAR--Krisis air bersih yang melanda Kota Makassar juga berdampak pada layanan kesehatan. Empat puskesmas di Kota Makassar dilaporkan mengalami kekurangan air bersih. Puskesmas tersebut antara lain Puskesmas Tamalanrea Kecamatan Tamalanrea, Puskesmas Layang Kecamatan Bontoala, Puskesmas Tamamaung Kecamatan Panakkukang, dan Puskesmas Kapasa Kecamatan Biringkanaya.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Makassar Nursaidah Sirajuddin mengatakan, pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Makassar untuk mengatasi masalah ini. Pada Kamis (21/9/2023) kemarin, BPBD sudah mendistribusikan air bersih ke Puskesmas Tamalanrea.

“Kolaborasi dan koordinasi BPBD, PDAM luar biasa, tadi (kemarin) sempat diantarkan Puskesmas Tamalanrea,” kata Nursaidah. Nursaidah mengimbau seluruh puskesmas agar proaktif melaporkan kondisi airnya di musim kekeringan ini.

 “Semoga bisa terakomodir di BPBD tiap hari karena memang kami melihat betul-betul kering, untuk BAK saja sulit apalagi BAB, ini sudah terbuka pintu BPBD untuk mensupport pelayanan kesehatan di 47 puskesmas bila ada laporan suplai air yang kurang,” tuturnya.

 Kepala BPBD Kota Makassar Achmad Hendra Hakamuddin mengatakan, pihaknya siap menyuplai air bersih jika ada layanan kesehatan yang mengalami gangguan air.(**)



News Of This Week