Senin, 27 November 2023

Upacara Bendera Meriahkan Peringatan Hari Guru Nasional dan HUT PGRI ke-78 di UPT SPF SD Negeri Lanto Dg Pasewang, Makassar


BN Online, Makassar - Dalam rangka memperingati Hari Guru Nasional (HGN) 2023 dan HUT PGRI ke-78, Unit Pelaksana Teknis Satuan Pendidikan Formal (UPT SPF) SD Negeri Lanto Dg Pasewang, Kecamatan Ujung Pandang, Kota Makassar, menggelar upacara bendera yang meriah di lapangan sekolah pada hari Senin (27/11/2023).



Upacara tersebut dipandu oleh Plt. Ketua Pengurus Kota PGRI Makassar, Dr Dg. Maklassa, S.Pd., MM, yang dengan penuh semangat memimpin jalannya acara, sekaligus membacakan sambutan seragam dari Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim.


"Mari kita rayakan merdeka belajar, yang artinya memberikan kebebasan kepada siswa untuk mengeksplorasi minat dan bakat mereka. Merdeka belajar juga berarti menggalakkan kreativitas, inovasi, dan semangat kepemimpinan di antara siswa. Kita sebagai guru harus siap mendukung fasilitator pembelajaran. Sebagai guru, kita juga harus dapat menciptakan lingkungan yang memotivasi, mendukung, dan mendorong setiap siswa untuk meraih prestasi terbaik mereka," ujar Maklassa dalam sambutan.


Sementara ditempat yang sama, seusai upacara, Kepala UPT SPF SDN Lanto Dg Pasewang, Sri Handayani, S.Pd., M.Pd, menyampaikan ucapan selamat kepada seluruh guru di hari yang penuh makna ini.


"Seperti kita ketahui bahwa kita baru saja memperingati HGN pada tahun ini, Saya atas nama sekolah mengucapkan Selamat Hari Guru Nasional untuk kita semua, semoga semangat juang kita terus membara, dan kita terus bergerak bersama menuju masa depan pendidikan yang lebih baik, semoga kita semua dapat mengambil hikmah dan pembelajaran yang nyata dalam peringatan ini," ucap Bu Sri sapaan akrabnya.


Lebih lanjut Sri Handayani membeberkan arti dan maksud "bergerak bersama," sesuai tema HAri Guru  Nasional tahun ini. "artinya kita semua terlibat aktif dalam membangun sistem pendidikan yang inklusif dan berkelanjutan, mari bersama-sama menciptakan lingkungan belajar yang aman, nyaman, dan memungkinkan setiap siswa berkembang secara holistik," ucap Sri Handayani menambahkan.


Peserta upacara melibatkan seluruh komponen sekolah, termasuk Kepala Sekolah, para guru, staf sekolah, yang ada di Kecamatan Ujung Pandang, serta siswa-siswi UPT SPF SDN Lanto Dg Pasewang dengan antusias mengikuti setiap rangkaian kegiatan. Suasana haru dan kebersamaan terasa kental dalam momen yang menjadi tonggak sejarah bagi dunia pendidikan di Kota Makassar ini.


Mengusung tema "Bergerak Bersama Rayakan Merdeka Belajar," acara ini menjadi momentum untuk menghargai peran guru dalam membentuk generasi penerus yang berkualitas dan berintegritas.


Semoga semangat dan dedikasi para guru di UPT SPF SDN Lanto Dg Pasewang terus membara, memberikan inspirasi bagi siswa, serta mewujudkan pendidikan yang bermutu dan berdaya saing. Selamat Hari Guru Nasional dan Selamat HUT PGRI ke-78. (Yahya)


Editor: Dellate


News Of This Week