Jumat, 26 Juli 2024

Harkop Festival 2024 Sukses Rangkul Generasi Muda Sumut dalam Gerakan Koperasi


Medan Sumut.

Bidiknasional.co.id - Harkop Festival 2024 mencatat kesuksesan besar dengan berhasil menarik minat generasi muda Sumatera Utara untuk lebih terlibat dalam gerakan koperasi. Acara yang berlangsung selama dua hari ini, dihadiri oleh lebih dari seribu peserta dari kalangan pelaku koperasi, pegiat koperasi, dan mahasiswa dari berbagai universitas di Sumut.


Festival yang digelar di dua lokasi berbeda, yakni area PLUT Sumut dan Aula RIS Kantor Gubernur Sumut ini menjadi ajang bagi Dinas Koperasi UKM Provinsi Sumatera Utara untuk mempromosikan koperasi sebagai wadah ekonomi alternatif yang inklusif. Beberapa kompetisi seperti Lomba Gerakan Ide Bisnis Koperasi Pemuda (Login Koperasi), Lomba Esai Koperasi, Lomba Cover Mars Koperasi, dan Pemilihan Duta Koperasi Sumut berhasil menyedot perhatian generasi muda.


Puncak acara Harkop Festival 2024 di Aula RIS Kantor Gubernur Sumut dihadiri Penjabat Gubernur Sumatera Utara, Agus Fatoni. Dalam sambutannya, Fatoni mencanangkan Gerakan Serentak Berkoperasi se-Sumut yang bertujuan untuk menghidupkan semangat berkoperasi di semua lapisan masyarakat. Gerakan ini mencakup program strategis seperti Awareness Koperasi, Digitalisasi Koperasi, Kemitraan Koperasi, dan Koperasi Petani.


"Gerakan koperasi ini penting digalakkan kembali karena merupakan wadah alternatif yang efektif untuk membangun keadilan dan inklusivitas ekonomi," ujar Kepala Dinas Koperasi UKM Sumut, Naslindo Sirait kepada wartawan di Medan,  Jumat (26/7). 


Naslindo juga mengatakan, pihaknya akan segera menyiapkan peta jalan untuk Gerakan Serentak Berkoperasi Se-Sumatera Utara.


Hadir pula dalam acara ini Deputi Bidang Perkoperasian Kemenkop UKM RI, Ahmad Zabadi, Staf Ahli Menkop UKM M Riza Damanik, Anggota DPR RI Gus Irawan Pasaribu, dan beberapa tokoh penting lainnya. 


Sehari sebelum puncak Harkop, berbagai aktivitas menarik seperti jalan sehat, senam sehat, donor darah, pemeriksaan kesehatan gratis, dan bazaar produk UKM berlangsung meriah di area PLUT Sumut. Kegiatan ini tidak hanya menjadi ajang promosi koperasi tetapi juga menunjukkan komitmen pemerintah dalam meningkatkan kesadaran dan partisipasi masyarakat terhadap koperasi.


Harkop Festival 2024 menjadi langkah awal dari upaya strategis Dinas Koperasi UKM Provinsi Sumatera Utara untuk membangun kesadaran masyarakat, terutama generasi muda, mengenai pentingnya koperasi dalam menciptakan ekonomi yang adil dan inklusif. (STH/rls)


News Of This Week