Kamis, 15 Agustus 2024

Polres Bantaeng Menggelar Sosialisasi Tentang Netralitas Anggota Polri Dalam Pilkada 2024

Tags


BN Online Bantaeng,- Polres Bantaeng Polda Sulsel melaksanakan sosialisasi tentang netralitas anggota Polri dalam menghadapi Pilkada 2024 yang berlangsung di Aula 99 Mapolres Bantaeng, Kamis (15/8/2024)


Sosialisasi kepada personel Polres  Bantaeng ini dibawakan oleh Wakapolres Bantaeng Kompol Aswar Anas,S.Sos, di dampingi Kasi Propam Ipda Ridwan,SH. Irsan Triadi Saputra,SH Analisis Ahli Hukum Pertama Bawaslu Bantaeng.


Kapolres Bantaeng AKBP Nur Prasetyantoro Wira Utomo,SIK.,MH dalam dalam Sambutanya menegaskan, Sosialisasi ini merupakan tindakan  pencegahan terkait netralitas Polri pada event Pilkada serentak Tahun 2024 di Kab. Bantaeng.


Harapan besar pimpinan tidak ada lagi indikasi maupun terlibat dalam tahapan Pilkada serentak di Kab. Bantaeng, tetap junjung tinggi netralitas pada  Pilkada 2024 di Kab. Bantaeng


Ada beberapa larangan pada tahapan Pilkada di antaranya foto bersama bakal calon, ikut deklarasi para calon, memberikan dukungan politik, dan menjadi tim sukses pasangan calon.


Anggota Polri memiliki tanggung jawab besar untuk memastikan tahapan pemilu berjalan dengan aman, damai, dan lancar. " Tegas Kapolres 


"Sementara wakapolres Bantaeng Kompol Aswar Anas,S.Sos  menyampaikan Peraturan netralitas dan potensi kerawanan pelanggaran anggota polri pada Pilkada 2024.


Sanksi Etik Anggota Polri Perpol 7 Tahun 2022 , Sanksi etika dan Sanksi Administrasi Hukuman Disiplin Anggota Polri PP 2 Tahun 2023 serta kontruksi penanganan Pemilu / Pemilihan.


Kewenangan Khusus, penyidik Gakkumdu dapat melakukan penyelidikan setelah adanya laporan pelanggaran pemilihan yang di terima oleh pengawas pasal 146 (1) UU pemilihan.


Kasi Propam Pores Bantaeng IPDA Ridwan, S.Sos.  menambahkan Berdasarkan STR / 246 / III / OPS 1.3 / 2002 tentang larangan anggota polri berpolitik.,Peran Polri dalam menjaga Netralitas Pemilu yaitu pengamanan pemilu, pemberian perlindungan dan penegakan hukum dan Upaya pencegahan untuk mewujudkan netralitas Polri dan Konsekuensi pelanggaran netralitas Polri.


Hadir dalam kegiatan sosialisasi Para Pju Polres Bantaeng, Kasat, Kapolsek, Para Kanit Polres Polsek dan Bhabinkamtibmas Polsek Jajaran Polres Bantaeng.


Sumber Humas Polres Bantaeng 

Editor Edhy Bidik Nasional 



News Of This Week