Jumat, 13 September 2024

Cabor Ski Air PON XXI Ditunda Karena Eceng Gondok Danau Toba


Balige Sumut.

Bidiknasional.co.id - Perlombaan cabang olahraga (cabor) ski air kategori jumping dalam ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI yang seharusnya digelar di Danau Toba, Kamis (12/9/2024), terpaksa ditunda. Penundaan ini disebabkan oleh keberadaan tanaman eceng gondok yang menutupi venue perlombaan.


Selain masalah eceng gondok, keterlambatan kedatangan peralatan lomba seperti ski dan speedboat juga menjadi alasan lain. Salah satu peserta asal Jawa Barat, Maliki, kecewa atas kondisi ini.


Menurutnya, penundaan tersebut tidak hanya akibat eceng gondok, tetapi juga karena belum datangnya speedboat yang diperlukan untuk bertanding.


“Selain eceng gondok yang mengganggu, salah satu speedboat untuk perlombaan belum tiba di lokasi. Hal ini membuat pertandingan belum bisa dilaksanakan,” ujar Maliki.


Ia berharap ke depan, persiapan perlombaan bisa dilakukan lebih baik. Menurutnya, sebagai atlet profesional, kondisi seperti ini seharusnya tidak mengganggu jalannya pertandingan.


“Jika penundaan berlangsung terlalu lama, kondisi angin di Danau Toba bisa berubah menjadi kencang. Ini berisiko bagi kami atlet dalam kategori jumping, ditambah lagi tumpukan eceng gondok dan ombak yang tinggi dapat menyebabkan kecelakaan atau cedera,” tambah Maliki.


Situasi ini diharapkan segera teratasi agar perlombaan ski air dapat berlangsung aman dan lancar. (RS/rls)


News Of This Week