Kamis, 12 September 2024

Ingin Tiru Inovasi di Bantaeng, Kemenko Marves dan Pemkab Sidrap Kunjungi Bantaeng

Tags


BN Online Bantaeng,- Pemerintah Kabupaten Bantaeng, melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Bantaeng menerima kunjungan dari Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) serta Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sidenreng Rappang (Sidrap). Kunjungan hangat ini diterima secara langsung oleh Kepala Bappeda Kabupaten Bantaeng, Asruddin, dalam hal ini mewakili Penjabat (Pj) Bupati Bantaeng. di Ruang Pola Kantor Bupati Bantaeng, Kamis, (12/10).


Pelaksanaan Kunjungan Kerja ini menjadi wadah diskusi bagi Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi RI serta Pemerintah Kabupaten Sidenreng Rappang  dalam rangka mengetahui strategi pembinaan inovasi dalam mengikuti Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) di Kabupaten Bantaeng. 


Mewakili Pj. Bupati Bantaeng, Kepala Bappeda Bantaeng, Asruddin, dalam sambutannya menyampaikan ungkapan terima kasih dan penghargaan sebesar-besarnya atas kunjungannya di Kabupaten Bantaeng yang menjadi lokus studi banding sebagai tidak lanjut dari rekomendasi Kementerian PAN-RB.


"Tentu pemerintah Kabupaten Bantaeng merasa bangga atas kehadiran bapak ibu  dan semoga pertemuan ini mendapatkan apa yang diharapkan selama di Kabupaten Bantaeng", ujarnya.


Pada kesempatan itu, Plt. Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Riset dan Inovasi Daerah (Bapperida ) Kabupaten Sidrap, Herwin, menjelaskan bahwa capaian inovasi yang diraih Pemkab Bantaeng ini tidak terlepas dari kerjasama jajaran OPD Lingkup Bantaeng yang dapat menjadi percontohan daerah lain.


"Terima kasih atas penerimaannya di Kabupaten Bantaeng dengan tujuan belajar dan melihat secara langsung tata kelola inovasi di Kabupaten Bantaeng yang patut dicontoh Kabupaten lain. Kami sangat senang sekali berkunjung ke Kabupaten Bantaeng, kami tidak salah lagi berkunjung kesini. kami melihat ternyata Bantaeng berhasil berkat tidak terlepas dari para pendamping, banyak hal yang kita ingin pelajari disini, karena mamang kami harus sadari bahwa kami masih butuh ilmu sumber daya manusia sehingga di kabupaten Sidrap dapat mengikuti inovasi-inovasi yang diraih Kabupaten Bantaeng", pujinya.


Ia juga berharap apa yang dibangun Pemerintah Kabupaten Bantaeng mendapatkan peluang kerjasama dalam membangun capaian inovasi di kabupaten Sidrap.


"Sebelum kami berkunjung kesini, kami sudah melihat profil-profil terkait kabupaten Bantaeng dengan capaian yang dilakukan karena sudah membawa tiga inovator. Ini sangat luar biasa inovasinya, bukan saja menjadi salah satu kabupaten kota terbaik disulsel tetapi ini berhasil meraih inovasi terbaik dipulau Jawa. yang menjadi point penting berkunjung ke Bantaeng adalah melihat pembinaan inovasi, tata kelola, sehingga di Kabupaten Sidrap mampu mendorong OPD melakukan inovasi di tingkat provinsi seperti yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Bantaeng" imbuhnya. 


Sementara itu, Kepala Biro Hukum Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi RI, Rahayu. mengapresiasi atas capaian inovasi dan prestasi yang diraih Pemkab Bantaeng khususnya destinasi pariwisata yang begitu menarik, menurutnya perolehan dan prestasi yang luar biasa ditingkat nasional itu dapat ditiru.


"Hari ini adalah tempat yang luar biasa untuk mengikuti perencanaan yang baik, oleh karena itu tujuan kami ke Bantaeng ini ingin melihat secara langsung perolehan dan prestasi yang luar biasa ditingkat nasional yang ingin kami tiru.


"Kami mengajak tim dan beberapa rekan lainnya dari untuk melihat bagaimana Pemerintah Daerah Bantaeng membangun inovasinya dan apa yang harusnya kami ekspor dari Bantaeng, semoga apa yang kami dapatkan bisa kami eksplore untuk bisa kami dibawa pulang" tutupnya. 


Pertemuan itu diakhiri dengan penyerahan cenderamata dari Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi RI kepada Pemerintah Kabupaten Bantaeng. kemudian penyerahan cenderamata dari Kabupaten Bantaeng ke Kabupaten Sidrap, dilanjutkan dengan penyerahan cenderamata dari Sidrap ke Kabupaten Bantaeng.( * )



News Of This Week