BN Online Bantaeng,– PT PLN (Persero) Unit Layanan Pelanggan (ULP) Bantaeng terus melakukan langkah proaktif untuk memastikan keandalan pasokan listrik PLN bagi masyarakat. Salah satu upaya terbaru yang dilakukan hari ini adalah pekerjaan penegakan dan pengecoran tiang listrik yang miring pada Penyulang Langkasa Segment Motorize (MTZ) Morowa, Kp. Morowa, Desa Bonto Matene, Kabupaten Bantaeng.
Manager PLN ULP Bantaeng, Asmar Arief menyampaikan bahwa terdapat 8 (delapan) tiang listrik yang mengalami posisi miring akibat berbagai faktor seperti kondisi tanah dan efek cuaca ekstrem beberapa bulan terakhir. "Tiang-tiang ini perlu diperbaiki posisinya agar kembali berdiri tegak, keras, kuat, dan kokoh, sehingga dapat mendukung kelancaran distribusi listrik ke rumah pelanggan," ujar Asmar. Adapun lokasi tiang yang miring tersebut tersebar di wilayah Langkasa, Loka, Lembang, Lingkar, hingga Lamalaka.
Selain memperbaiki tiang listrik yang miring, Tim Teknik PLN ULP Bantaeng juga melakukan penebangan dan pemangkasan pohon yang terletak di sepanjang sepanjang penyulang Langkasa, segmen Motorize Morowa, Kampung Morowa, Desa Bonto Matene. "Totalnya sebanyak 12 pohon dipangkas dan 2 pohon lainnya ditebang dalam kegiatan pemeliharaan jaringan listrik hari ini", ujar Radiksa Adhi Cahya Effendy selaku Team Leader Teknik PLN ULP Bantaeng.
Manager PLN ULP Bantaeng, Asmar Arief menambahkan, “Kami melakukan tindakan ini untuk mencegah potensi gangguan yang sering terjadi akibat pohon yang menyentuh jaringan listrik. Langkah ini juga penting untuk menjaga keselamatan masyarakat agar terhindar dari bahaya pohon tumbang, sekaligus ini sebagai langkah preventif untuk menjaga keandalan pasokan listrik PLN, terutama di musim hujan seperti sekarang”.
PLN ULP Bantaeng mengapresiasi kerja sama masyarakat dalam mendukung kegiatan pemangkasan pohon ini. Warga juga dihimbau untuk segera melaporkan potensi gangguan, seperti ketika ada daun atau ranting pohon yang mendekati jaringan listrik atau kondisi tiang listrik yang tidak aman posisinya. Laporan tersebut dapat dilakukan melalui aplikasi PLN Mobile atau layanan telepon pelanggan di call center 123.
“Dengan perbaikan dan pemeliharaan yang rutin, kami berharap distribusi listrik ke pelanggan dapat terus berjalan lancar tanpa gangguan. Dukungan dan partisipasi masyarakat menjadi bagian penting dalam menjaga jaringan listrik tetap aman dan andal,” tutup Asmar.
Kegiatan pemeliharaan ini adalah bagian dari komitmen PLN ULP Bantaeng untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan dan memastikan listrik tetap menjadi energi yang mendukung aktivitas masyarakat secara optimal.