Selasa, 17 Oktober 2017

Depag Kota Makassar Gelar Bimbingan Pra Nikah Kepada Catin

Tags

Selasa | 17 Oktober 2017 | 10.30. Wita



BN ONline Makassar – Bimbingan pra nikah dianggap penting karena awal terbinanya kehidupan rumah tangga hal ini tentu sangat bergantung pada pembekalan awal sebelum calon pengantin melangsungkan pernikahan, tujuannya untuk meningkatkan mutu perkawinan dengan mewujudkan keluarga sakinah menurut ajaran Islam, hal tersebut disampaikan oleh Kepala KUA Kecamatan Biringkanaya Kota Makassar, H.A.Irwan pada saat memberikan bimbingan pra nikah kepada Calon Pengantin (Catin) Angkatan ke 10 di Aula Kantor Agama Kota Makassar, Jalan Rappocini Raya selasa, (17/10/2017), Siang.


Menurut A.Irwan dalam memberikan bimbingan Pra Nikah kepada Calon Pengantin (Catin). Selaku KUA sebagai lembaga pemerintah yang bertugas melakukan pencatatan nikah, punya tanggungjawan moral tersendiri.


“Jadi tidak sekedar mengakui keabsyahan secara administrasi, tetapi bertanggungjawab agar mempelai berdua memiliki bekal yang cukup dalam memasuki gerbang berumah tangga”, paparnya pada BN ONline usai memberikan bimbingannya.




Ia, menambahkan Perkawinan tersebut merupakan ikatan lahir bathin antara seorang pria dengan seorang wanita sebagai suami isteri dengan tujuan membentuk keluarga (rumah tangga) yang bahagia dan kekal berdasarkan Ketuhanan Yang Maha Esa.


Kemudian bukan hanya itu saja untuk mengarungi kehidupan berumah tangga, diperlukan kematangan, baik secara fisik, mental maupun pengetahuan yang cukup. Di sanalah diperlukan adanya bimbingan khusus, yaitu bimbingan yang diberikan kepada calon mempelai, sebagai bekal memasuki kehidupan baru.


"Jika sudah berumah tangga nanti sebaiknya di jaga dengan sebaik mungkin serta binalah rumah tangga itu dengan berdasarkan syariat islam agar dapat membentuk keluarga sakinah mawaddah warohmah, dan kalau bisa ada semacam ikatan perjanjian khusus bagi kedua bela pihak," Pesan A.Irwan kepada Para Catin.


Penulis | Bidik Makassar | Dien
Editor    | Bidik Makassar | Lkm



News Of This Week