Kamis, 09 November 2017

Bersama Pemuda Luwu, Danny Pomanto Resmikan Jalan Andi Djemma

Tags



BN Online, Makassar----Bertepatan dengan hari ulang tahun Kota Makassar yang ke- 410  Kamis 9 November 2017,  Pemerintah Kota Makassar yang diwakili oleh Wali Kota Makassar, Muh. Ramdhan pomanto melakukan penggantian beberapa nama jalan.


Ada dua jalan yang diganti yakni Jalan Kakatua menjadi Jala  Pajonga Daeng Ngalle dan Jalan Landak Baru  menjadi  Jalan Andi Djemma. Peresmian tersebut ditandai dengan pencanangan tiang.


Andi Djemma yang lahir di Palopo, Sulawesi Selatan, 15 Januari1901 – meninggal di Makassar, Sulawesi Selatan, 23 Februari 1965 pada umur 64 tahun) adalah Raja (Datu) Luwu seorang tokoh Indonesia dan dinyatakan sebagai Pahlawan Nasional oleh Presiden Republik Indonesia tanggal 8 November 2002.


" Adalah suatu penghargaan yang bisa dilakukan oleh peninggalannya yakni mengenang namanya di suatu jalan yang setiap hari masyarakat berlalu-lalang," ucapnya.



Masuknya nama Andi Djemma sebagai salah satu nama jalan di ibu kota Provinsi Sulsel ini adalah usulan dari mahasiswa IPMIL Raya.


" Anak-anak mahasiswa ini setiap hari tak kenal waktu selalu memperjuangkan nama ini. Dan memang wajar kita mengapresiasi hal itu," ujar Dannya.


Selain itu, Danny memang merasa begitu banyak nama jalanan yang tidak mendidik serta tidak memiliki nilai historis. Ia mencontohkan alamat Rujab Wali Kota yang beralamat di Jl. Penghibur itu. (*).


 


Editor : BN | Sulsel | Dny


News Of This Week