Minggu, 05 November 2017

DPRD Bantaeng Berharap Gedung Dukcapil Bisa Di Benahi

Tags


Inilah Kondisi Dinas Kependudukan Catatan Sipil Di Lihat Dari Depan

BN.Online Bantaeng, -Sekretaris DPC PKB,  Kab. Bantaeng, Shabran prihatin dengan masyarakat yang ingin mengurus admistrasinya di Kantor Dinas Kependudukan Dan  Catatan Sipil Kab. Bantaeng. 


Menurutnya saat ini semakin tinggi angka masyarakat yang mengeluhkan proses pengurusan dokumen kependudukan khususnya fasilitas tempat dan kadang lamanya waktu kepengurusan sehubungan masalah masalah tekhnis yg ada di kantor dinas pendudukan dan catatan sipil kabupaten bantaeng.


" Salah satu petugas capil saya tanya-tanya terhadap Kantor Dukcapil,  dia membenarkan memang fasilitas tempat dia bertugas memang kurang cukup layak untuk menampung dan memberikan rasa nyaman yang maksimal terhadap msyarakat pengurus dokumen yang biasa mencapai 400 orang pengurus dokumen/harinya". Kata shabran. 


Dia melanjutkan,  ruang loket dan ruang tunggu Dukcapil hanya bisa menampung kurang lebih 30 orang dalam sekali,  namun masyarakat yang mendatangi Kantor Dukcapil setiap harinya melebihi kapasitas ruangan tunggu Dukcapil jadi masyarakat sangat sesak dan gerah di ruangan tunggu. 


"Permasalahan lainnya adalah masalah peralatan tekhnis, atau biasa masalah anggaran serta server misalnya memang butuh di upgrade'.  Tambahnya. 


Setelah melihat kondisinya, Shabran langsung dia komunikasikan kepada DPRD setempat melalui komisi 1 agar permasalahan ini bisa di atasi dengan benar agar mendorong dan memberi perhatian khusus terhadap fasilitas pelayanan publik ini menjadi lebih layak dan memadai.


"Mudahan mudahan tahun depan DPRD dalam pembahasan anggaran bisa memprioritaskan ini". tutur shabran.


Pada kesempatan itu,  Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPRD), Sahabuddin mengatakan sangat prihatin juga dengan gedung Dinas Pendudukan dan Catatan Sipil. Namun menurutnya dalam APBN peraturan Kemendagri membatasi pembagunan gedung. 


"Saya dua hari ke sana tinjau itu kantor(Dukcapil) memang sudah tidak layak lagi untuk di jadikan kantor,  apa lagi setiap harinya ratusan masyarakat yang datang untuk kebutuhan admistrasinya". Kata Ketua DPRD Sahabuddin melalui telepon selulernya 


Dia menambahkan,  "sebagai tanggung jawab kami sebagai Wakil Rakyat,  kami akan perjuangkan itu,  agar segera di benahi secepatnya". Harapnya.


Editor | BN.Onlines Sul Sel | Edhy


News Of This Week