Jumat, 24 November 2017

Gelar Penimbangan Bank Sampah di RW 01 Kelurahan Macigus

Tags



BN Online,  Makassar----Warga Jalan Gunung Bawakaraeng Menggelar penimbangan Bank Sampah bersama staf Kelurahan Ketua Rw dan Rt dididik memanfaatkan sampah di rumah agar dapat bernilai ekonomis.


Demikian Sekretaris Maccini Gusung ,A. Haris Hasfuddin mengatakan Penimbangan Bank sampah di Wilayah Kelurahan Maccini Gusung Kecamatan Makassar adalah salah satu rumah Kader Kelurahan Nurhayati, Kamis (23/11/17), bermodalkan sampah di rumah, warga akan mendorong terwujudnya Buku Tabungan Bank Sampah.


Program ini telah berjalan di masing-masing RW.Tujuannya, bagaimana mengubah pola pikir warga tentang sampah yang tidak mempunyai nilai dan ternyata memiliki nilai tambah dari segi ekonomi.


Selain itu juga akan mendukung program Pemerintah (MTR) Makassar Tidak Rantasa.


Warga yang membawa sampah bersih maupun kotor dari rumah mereka ke Bank Sampah akan langsung diberikan Buku Tabungan dan diisi sebagai bukti saldo nilai timbangan sampah yang mereka bawa.


Derektur (BSU) Bank Sampah Unit SIKATUTUI,H. Muh.Nur.mengatakan "saat ini sudah banyak Nasabah bank sampah warga yang telah terdaftar memiliki Buku Tabungan Bank Sampah.


Beberapa bulan terakhir ini tidak hanya warga RW 01, tetapi juga staf Kelurahan Maccini Gusung Kecamatan Makassar ikut juga menjadi nasabah penimbangan bank sampah,"imbuhnya.


Warga yang mempunyai tabungan tersebut kini memiliki saldo tergantung jumlah nilai timbangan Sampah miliknya, makin banyak timbangan, maka tabungannya juga akan bertambah.


Setiap sampah baik jenis plastik maupun Karton bernilai Rp. 3500/kilonya untuk sampah bersih, dan Rp.1500/kilonya untuk sampah kotor.Murniati, selaku Ketua Rw Jalan Gunung Bawakaraeng mengatakan program Kelurahan ini sangat baik, karena sampah yang ada di rumah bisa jadi uang.(*).



Editor : BN | Sulsel | Dny


News Of This Week