Rabu, 13 Desember 2017

Kampung Gusung Jadi Kotaku ( Kota Tanpa Kumuh )

Tags


Bidik Nasional Online Bantaeng,-Bantaeng memang dikenal indah dan bersih belakangan ini. Hal itu didukung dengan adanya kampung yang termasuk dalam kota tanpa kumuh. Tepatnya di Kampung Gusung Kelurahan Lamalaka Kecamatan Bantaeng, Kabupaten Bantaeng.

Program Kotaku (Kota Tanpa Kumuh) merupakan program pemerintah pusat. Yakni program pencegahan dan peningkatan kualitas permukiman kumuh nasional, yang merupakan penjabaran dari pelaksanaan Rencana Strategis Direktorat Jenderal Cipta Karya tahun 2015–2019.



Asal tahu saja, saat memasuki kampung tersebut, terasa benar ketenangan, bersih, dan cantiknya tembok di sekitar wilayah tersebut. Makin dipermantap dengan adanya gambar bermacam corak.



Selain itu, sebagian jalanan di Kampung Gusung, tak luput dihias warna. Pasti Anda akan heran kalau ke sana, mengapa? Anda tak akan menemukan tempat sampah, namun tetap tak akan menemukan sampah berserakan.



Tokoh masyarakat Kampung Gusung, Yunus (53 tahun) mengatakan, "Program Kotaku ini, kami melakukannya dengan bekerja gotong royong," ujarnya, Rabu (13/12/2017).



Yunus menyampaikan, bahwa di Kampung Gusung terdapat 208 KK. Dan sudah ada beberapa kunjungan dari luar daerah, seperti dari Luwu, Bulukumba, dan Sengkang.


"Ini hasil kekompakan seluruh warga. Dan memang diwajibkan membersihkan (area) rumah masing-masing. Serta kami punya kesadaran menjaga kebersihan itu memang sangat tinggi," jelasnya.


Editor|Bidik Nasional Online SulSel| Edhy


News Of This Week