Sabtu, 02 Desember 2017

Usulan Parpol Penambahan Kursi di Parlemen,Ini Kata Andi Harianto Dalam Rapat Kerja Penataan Daerah Pemilihan

Tags



Rapat Kerja Penataan Daerah Pemilihan 

BN.Online Bantaeng,-Hampir seluruh perwakilan pengurus partai politik (Parpol) sangat mengharapkan  penambahan  daerah pemilihan ( dapil ) pada pemilu 2018.




Pasalnya pada pemilu 2004 dan 2009  jumlah dapil di Bantaeng sebanyak 4 dapil,namun pemilu 2014 justru  mengalami penurunan  jadi 3 dapil,begitu juga  dengan jumlah kursi diharapkan bisa bertambah  hingga 30 kursi..



Keingininan pengurus parpol tersebut  terungkap dalam Rapat Kerja Penataan Daerah Pemilihan ( Dapil ) dan Alokasi Kursi  Pemilu 2019,yang di selenggakan  KPU Bantaeng di Hotel Ahriani,Jumat 1 Desember 2019.




Menjawab usulan dan keinginan pengurus parpol  tersebut,Ketua Devisi Teknik KPU Bantaeng, Andi Harianto menyebutkan  keinginan untuk melakukan penambahan dapil itu merupakan kewenangan KPU Pusat.KPUD hanya sebatas  mengusulkan setelah KPU memberikan ruang.


"Penambahan jumlah dapil itu kewenangan dan ditentukan KPU  Pusat.KPUD hanya  sebatas mengusulkan setelah  KPU membuka  ruang penambahan  kuota kursi  diDPRD itu tergantung  jumlah penduduk  Bantaeng"Ucap Andi Harianto.



Selain itu banyak pengurus parpol yang mengusulkan agar jumlah kursi dinaikkan dari 25 kursi menjadi 30 kursi,namun  tidak serta merta dilakukan karena dasar yang menjadi patokan.



"Patokannya adalah jumlah penduduk kabupaten Bantaeng,jika penduduk Bantaeng hanya berada dibawah 200 ribu jiwa,maka jumlah  masih tetap 25 kursi",terangnya.



Dikatakan berdasarkan data dari Kemendagri,jumlah penduduk Bantaeng sebesar 196 ribu lebih,namun data ini  sejak enam bulan lalu dan diharapkan  saat ini  ada perubahan hingga mencapai lebih 2000 ribu penduduk sehingga kursi parlemen Bantaeng menjadi 30.



"Tapi yang kuota kursi Parlemen Bantaeng sudah  bisa diketahui pada Desember  ini yang didasarkan Data Agregat Kependudukan Perkecamatan ( DAK2 ),jjka ada usulan perubahan,maka  itu bisa dilakukan pada Januari 2019",tambahnya.




Editor | BN.Online Sul Sel | Edhy


News Of This Week