Kamis, 23 Agustus 2018

RUTAN BANTAENG GALAKKAN KEBERSIHAN LINGKUNGAN

Tags




BN.Online Bantaeng,-- Warga binaan Rutan Bantaeng kembali melakukan kegiatan bersih-bersih disekeliling lingkungan Rutan. Kali ini dengan di pimpin langsung oleh Kepala Rutan Bantaeng Muhammad Ishak.

Beberapa orang warga binaan yang telah menjalani masa asimilasi melakukan pembersihan saluran air yang melintasi halaman perumahan pegawai Rutan Bantaeng. Pembersihan ini dilakukan untuk mengantisipasi tergenangnya air buangan limbah dari dalam Rutan.

Saluran air yang melewati halaman rumah dinas pegawai di belakang Rutan merupakan saluran air pembuangan air limbah dari dalam Rutan, saluran air ini harus rutin dibersihkan dan di angkat  agar air limbah tidak menggenang dalam Rutan, demikian dituturkan oleh Muhammad Ishak.

Rutan Bantaeng sudah over crowded, hal ini akan mengakibatkan berbagai macam permasalahan baru sebagai efek domino dari  kondisi over crowded tersebut. Salah satunya adalah permasalahan tentang sanitasi lingkungan.

Sanitasi dan kebersihan lingkungan sangat penting agar dapat meminimalisasi sumber penyakit yang akan timbul akibat over crowded tersebut.

Lingkungan yang bersih dan asri akan memberikan dampak yang sangat positif bagi warga binaan pemasyarakatan yang sedang menjalani masa pidana. Hal ini bisa dijadikan sebagai hiburan dan tempat rekreasi bagi warga binaan yang sedang menjalani pidana.

Saya sangat mengharapkan agar warga binaan dapat memelihara dan menjaga kebersihan lingkungan. Tempat kita saat ini sudah sempit, alangkah semakin sengsaranya kita berada didalam Rutan ini jika tempat yang kita tinggali sekarang ini sudah sempit, kotor, bau dan genangan air di mana-mana. Demikian yang sering diungkapkan oleh Ishak kepada warga binaan di Rutan Bantaeng.

Hal tersebut saya sampaikan agar mereka termotivasi untuk senantiasa hidup bersih dan sehat. Dalam berbagai kegiatan, Ishak acap kali mengadakan perlombaan kebersihan kamar bagi warga binaan. Dan kamar dengan perolehan nilai yang paling rendah akan diberikan juga hadiah, dan status sebagai kamar yang “TERJOROK”.

Kita harapkan mereka termotivasi agar terus menjaga kebersihan kamar dan lingkugan. Menyandang status sebagai penghuni kamar terjorok akan memberikan rasa malu bagi penghuninya sehinga mereka akan berusaha dan berlomba untuk menjaga kebersihan kamar dan blok huniannya

Kebersihan lingkungan menjadi prioritas utama, yang dilakukan oleh Muhammad Ishak selama memimpin Rumah Tahanan Negara Klas IIB Bantaeng. Lingkungan yang bersih akan membawa kenyamanan dalam bekerja dan berinovasi, dan pastinya nyaman untuk ditinggali. Memberikan rasa nyaman kepada warga binaan selama menjalani masa pidana adalah salah satu strategi untuk mengurangi keinginan dari warga binaan untuk melakukan hal yang berakibat terjadinya gangguan keamanan. Hal ini juga untuk menyiasati kekurangan tenaga pengamanan yang tersedia.

Kami berusaha untuk memberikan rasa nyaman kepada warga binaan selama mereka menjalani pidana, tentunya sesuai dengan aturan yang berlaku. Salah satunya adalah memelihara kebersihan lingkungan di dalam Rutan.

Editor | BN.Online Sul Sel | Edhy


News Of This Week