Sabtu, 01 September 2018

Yamaha, Satlantas dan Dispora Bantaeng Gelar Yamaha Riding Academy

Tags



BN.Online Bantaeng,-- Kegiatan  Safety riding dengan tajuk Yamaha Sahabat Siswa ini digelar mulai 28 – 31 Agustus 2018. Sebagai program awal kolaborasi pihak Satlantas Polres Bantaeng dan Dispora Bantaeng, kegiatan berlangsung di empat SMA di Bantaeng yaitu SMA Negeri 3, SMA Negeri 4, SMA Negeri 2, dan SMA Negeri 5.Sabtu,01 September 2018.

Agenda kolaborasi ini di hadiri langsung oleh Syahrul Bayan Kepala Dinas Pemuda dan olahraga Bantaeng dan Syamsudin Latief Kanit Dikmas Satlantas Polres Bantaeng.

“Bukan hal biasa memang tapi saat ini tingkat kesadaran siswa-siswi SMA untuk mempelajari safety riding sudah tinggi. Mereka senang bisa tahu hal-hal baru yang sebelumnya tidak dipahami dengan benar,” Ujar Jhon salah satu instuktur Yamaha Suraco.

Para siswa dan siswi SMA yang baru memiliki KTP dan SIM ini belajar safety riding dengan motor-motor populer Yamaha yakni Lexi 155, NMax 155, Fino Sporty, , Mio M3. Serta dipandu langsung oleh para instruktur Yamaha Riding Academy (YRA) dari Yamaha Suraco dan Sentosa.

Pelajaran safety riding Yamaha Sahabat Siswa mencakup teknik-teknik dasar berkendara naik motor seperti pengenalan fitur yang ada di motor, cara penggunaan safety gear, riding position mulai cara duduk, fokus pandangan, dan teknik berbelok.

”Dalam praktiknya peserta dilatih berbagai teknik berkendara yang sekaligus mendapatkan penilaian. Misalnya keseimbangan, body moving, cara berbelok, fokus konsentrasi berkendara. Unit motor tidak boleh kena pembatas pilon dan lainnya,” kata Jack, Instruktur YRA.

Belajar safety riding sambil berkompetisi ini rupanya menarik minat anak-anak sekolah yang antusias mengikuti edukasi teori dan praktik. Terlihat dari suasana yang gembira selama berlangsung dari pagi sampai siang hari.

Untuk merangsang kegiatan safety riding bisa meluas dan menjadi perhatian pelajar SMA, selanjutnya para pihak akan mengusung konsep untuk mengadakan pemilihan Duta Safety Riding Bantaeng antar 4 SMA yg telah di rekrut.


”Saya tertarik belajar safety riding, kebetulan mau bikin SIM. Dari belajar ini saya jadi tahu ternyata naik motor harus tahu tekniknya, jadi enggak asal bisa naik motor,” papar, siswa kelas 12 SMAN 2 Bantaeng.

Tambah Syahrul Bayan selaku Kadispora Bantaeng, mengemukakan bahwa kolaborasi stakeholder Dispora Bantaeng, Satlantas Polres Bantaeng dan Yamaha ini sangat membantu khususnya kalangan pemuda karena bagian dukungan kepada Bantaeng sebagai Kabupaten Layak Pemuda 2017 oleh Menteri Pemuda dan Olahraga RI. Dan kami juga siap kembali mengikuti ajang Pemilihan Kabupaten Kota Layak Pemuda 2018.

Editor | BN.Online Sul Sel | Edhy


News Of This Week