Kamis, 24 Januari 2019

Aparat Desa Belajar Aplikasi Siskeudes Versi Anyar

Tags


BN Online, Sidrap----Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Sidenreng Rappang menyelenggarakan Pelatihan Sistem Keuangan Desa (Siskeudes) Versi 2.0, Kamis (24/1/19).

Kegiatan diikuti para aparat desa, berlangsung di Aula SKPD Sidrap.

Materi pelatihan yaitu cara mengoperasikan aplikasi Siskeudes versi 2.0 dan gambaran umum aplikasi teranyar itu. Apa-apa saja isinya, serta apa yang membedakan dengan versi yang lalu.

Kepala Dinas PMDPPA Sidrap, Andi Patahangi Nurdin, saat membuka kegiatan tersebut ia berharap aparat dalam pelatihan itu bersungguh-sungguh dan menyimak dengan baik apa yang dijelaskan oleh pemateri.

"Versi baru ini perlu dipahami bersama, karena akan digunakan dalam pengelolaan keuangan ke depan,"pungkasnya.


Jarot Setiyadi dari Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan Provinsi Sulawesi Selatan mengatakan, aplikasi Siskeudes dibuat untuk memudahkan pengelolaan keuangan desa mulai dari tahap perencanaan hingga tahap pelaporan atau pertanggungjawaban.

"Aplikasi Siskeudes dikoordinasi oleh Pemerintah Daerah, dan diterapkan seluruh desa yang ada pada wilayah pemerintah daerah bersangkutan,"terangnya.

Perlu di ketahui, Permendagri Nomor 20 Tahun 2018 tentang Pengelolaan Keuangan Desa mencabut Permendagri Nomor 113 Tahun 2014. 

Dengan dikeluarkan peraturan tersebut, menuntut adanya penyesuaian antara regulasi dan aplikasi. Oleh sebab itu, dirilislah aplikasi Siskeudes Versi 2.0 dan menggantikan rilis yang lama.(Drwn).





Editor : | BN Online | Dny


News Of This Week