Jumat, 09 Agustus 2019

Tiga Sekolah Dasar Hasil Regruping Laksanakan Supervisi Manajerial Implementasi K13.

Tags

Jum'at, 2019/08/09 13:55

BN Online, Makassar -- Tiga sekolah Dasar hasil Regrouping yakni, SD Inpres Maccini 1/1, SDN. Maccini III, SDN. Maccini IV, Kecamatan Makassar Kota Makassar belum lama ini secara bersama - sama melaksanakan supervisi manajerial implementasi Kurikulum 2013 tahun ajaran 2019 - 2020.

Pelaksanaan Supervisi manajerial pada guru mulai kelas 1 hingga kelas VI tersebut berlangsung selama empat hari dimulai hari senin tanggal 5 hingga 8 Agustus 2019.

Menurut Dra. Hj. Syamsinar pelaksanaan Supervisi manajerial merupakan kegiatan supervisi yang berkenaan dengan aspek pengelolaan sekolah yang berkaitan langsung dengan peningkatan efisiensi dan efektivitas sekolah yang mencakup perencanaan, koordinasi, pelaksanaan, penilaian, pengembangan kompetensi sumber daya pendidik dan tenaga kependidikan, dan sumber daya lainnya.

Lanjutnya, dalam pelaksanaan Supervisi ini dari tiga sekolah hasil regruping telah dibagi tugas masing masing yakni; kelas A, B, dan C.  Untuk kelas A disupervisi oleh Madong Lobis,(Kepala SDN.Maccini IV), Kelas B disupervisi oleh, Hj.Syamsinar (Kepala SDI.Maccini 1/1) dan Kelas C disupervisi oleh, Nursia (Kepala SDN.Maccini III).

Terkait dengan Kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP). "Sejak berubahnya kurikulum dari KTSP 2006 ke KTSP 2013 secara langsung menuntut peningkatan fungsi supervisi manajerial seorang pengawas". tambahnya.

"Jadi dengan munculnya manajemen perubahan yang harus dilakukan oleh kepala sekolah, pengawas harus melakukan pendampingan secara efektif sebagai wujud tajamnya supervisi manajerial dengan target berlangsungnya perubahan- perubahan di sekolah dengan baik untuk implementasi kurikulum 2013," ungkap Dra. Hj. Syamsinar pada Bidik Nasional. com di ruang kantornya, jum'at ( 2019/08/09 ) 10:50.

Hj. Syamsinar merincikan adapun ruang lingkup saat dilakukan supervisi manajerial terdiri dari pemantauan, penilaian, dan pembinaan terhadap para guru mulai kelas 1 hingga kelas VI, terkait dengan administrasi mulai buku 1, 2, 3 dan 4. terkait dengan K13.

Alhamdulillah, "Supervisi manajerial ini telah berjalan dengan lancar dan sesuai dengan tupoksinya, semoga sistem administrasi yang telah dibangun ini masing - masing guru kelas dapat memahami dan menjalankanya dengan baik," tutupnya. (Sy@h..)


News Of This Week