Selasa, 10 Maret 2020

Pra Musrenbang Anak Bantaeng, Kabid P3A: Dikbud Paling Rendah dari Semua OPD

Tags


BN.Online Bantaeng,- Forum Anak Butta Toa (FABT) bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Bantaeng, tepatnya Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPMDP3A) Kabupaten Bantaeng menggelar Pra Musrenbang Anak Kabupaten Bantaeng, Senin, 09 Maret 2020. 

Kegiatan yang juga diberi tajuk Musrenbang Anak Tingkat Kecamatan se-Kabupaten Bantaeng itu dilangsungkan selama sehari di Gedung PGRI Bantaeng. Puluhan anak menjadi peserta dari perwakilan 8 kecamatan yang ada di Bantaeng.

Pada kesempatan itu, St Ramlah selaku Kepala Bidang (Kabid) P3A menjelaskan bahwa," target daerah ini dalam waktu dekat yakni minimal bisa mempertahankan prestasi sebagai Kabupaten Layak Anak (KLA) kategori Madya". Ucap Kabid P3A ke media ini. 


"Dan ini adalah predikat yang diraih tahun 2019, sebelumnya menyandang kategori Pratama sejak tahun 2015".

"Saat ini kita menyongsong tahapan penilaian Kabupaten/Kota Layak Anak. Kami berharap ada keseriusan dari OPD, jangan sampai seperti tahun-tahun lalu", sindir Ramlah.

Kabid yang baru dilantik beberapa bulan itu menyayangkan sikap OPD (Organisasi Perangkat Daerah) di Bantaeng yang cenderung menimpakan urusan anak hanya kepada instansinya semata. Padahal 13 OPD seharusnya ambil bagian dan peran masing-masing.

"Dari 215 dibutuhkan, ternyata Dinas Pendidikan hanya menyumbang 90 point. Ada 13 OPD yang kami harapkan kerja samanya dalam hal penginputan Kabupaten Layak Anak", imbuh Ramlah.

Kembali disampaikan bagaimana upaya P3A menjemput data dari OPD. Namun masih saja berat hati memberikan data yang dibutuhkan.

Kendati menyodorkan data, itu pun bukanlah data terpilah. Semisal didasarkan usia, jenis kelamin, potensi hingga karakteristik karena menjadi tuntutan KLA pada 24 indikator.

"Kita ketahui Bantaeng pertama yang melaksanakan Musrenbang Anak. Dan Bantaeng jugalah yang dijadikan percontohan nasional untuk Musrenbang Anak"

Ironisnya kata Ramlah, OPD berasumsi jika KLA itu untuk kepentingan DPMDP3A. Sementara pasca KLA di tiap tahun berjalan, dampaknya lebih banyak dirasakan OPD lain, sebut saja penganggaran sektor pendidikan yang diarahkan inklusif dan responsif anak maupun perempuan.

Karenanya Madya bagi Ramlah bisa diwujud nyatakan jika semua OPD mengesampingkan ego sektoral. Malah Madya bisa naik minimal satu tingkat di kategori Nindya untuk tahun 2020.

Dimyati Nongpa selaku Kepala Bappeda yang mewakili Bupati Bantaeng berharap sama, semoga terjadi peningkatan demi peningkatan seiring majunya Bantaeng dari tahun ke tahun.

"Kami berharap teman-teman yang terlibat dari 5 kluster tadi, apa yang menjadi usulan anak di Musrenbang Anak Tingkat Kabupaten Bantaeng nanti bisa dimasukkan di Renja OPD Bapak Ibu sekalian", tegasnya.

Mantan Kadis Perikanan dan Kelautan itu mewanti-wanti 13 OPD untuk berperan aktif dalam hal pemenuhan kebutuhan anak mulai dari tingkat Kabupaten, Kecamatan hingga Desa dan Kelurahan.

Kepala Bappeda juga membeberkan bahwa Musrenbang Anak Tingkat Kabupaten Bantaeng akan diadakan tanggal 17 Maret 2020. Moment itu selayaknya dijadikan ladang bagi Pemerintah untuk benar-benar mengakomodir kepentingan anak yang diklaim penerus bangsa.

Editor |BN.Online Sul Sel|Edhy 


News Of This Week