Selasa, 10 Maret 2020

SMPN 18 Makassar Melaksanakan UKG, Dalam Rangka Persiapan Semester Genap UNBK Tahun 2020

Tags


BN Online, Makassar---SMP Negeri 18 Makassar melaksanakan monitoring kegiatan tahap Ujian Kompetensi Guru (UKG) dalam rangka persiapan semester genap ujian berbasis komputer, Senin (9/3-2020).

Saat dikonfirmasi kepada awak media ini, Selasa (10/3-2020), Guntur, S. Pd, selaku kepala sekolah SMPN 18 Makassar, menyampaikan bahwa Uji Kompetensi Guru (UKG) ini dilaksanakan dalam rangka menjaga kualitas Sekolah di SMPN 18 Makassar.

"Ujian Kompetensi Guru (UKG) berfungsi untuk memetakan kemampuan guru, kelebihan serta kekurangan seorang guru,” tutur Guntur.

Guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan menengah.

"Kompetensi Guru (UKG). Kegiatan Ujian ini diharapkan dapat mengukur kompetensi dasar tentang bidang studi (subject matter) dan pedagogik dalam domain content Guru. Kompetensi dasar bidang studi yang diujikan sesuai dengan bidang studi dan sesuai dengan kualifikasi akademik guru," bebernya.

Ditempat yang sama Nisma Mangile, S. Pd selaku guru bahasa Indonesia di SMPN 18 Makassar mengatakan, semua guru harus bisa mengakses hal itu dan harus mengetahui hal itu, supaya nanti mereka pada saat mengajar memperkenalkan ke siswa bahwa tes nanti di tahun 2021, seperti ini modelnya tidak sama lagi dengan yang akan di adakan di tahun 2020.

"Karena tidak semua sama, seperti yang berbentuk ada jawaban yang membutuhkan penjelasan dan ada jawaban yang membutuhkan lebih dari satu jawaban, ada soal yang membutuhkan satu jawaban dan ketika jawaban itu hanya satu membutuhkan jawaban dan itu harus diketahui semua oleh semua guru, narasi atau ada juga ujian karakter siswa, yang harus diterapkan oleh anak-anak," tuturnya.

Kegiatan ini diselenggarakan sebagai bentuk tanggung jawab Nisma Mangile untuk membina profesi guru dalam bentuk kegiatan pengembangan secara berkelanjutan, yang dilaksanakan secara maksimal untuk tenaga guru yang memiliki klasifikasi akademik dan kompetensi terbaik.


Editor : | BN Online | Dny


News Of This Week