Senin, 02 Maret 2020

TPU Lumppaja"e Kab. Barru Mengalami Krisis Akibat Minimnya lahan yang Tersedia

Tags


BN Online, Barru---Tempat Pemakaman Umum (TPU)mulai mengalami krisis akibat minimnya lahan yang tersedia. Belum lagi tingginya pertumbuhan penduduk membuat kuburan bagi warga Dusun Garessi kian menyempit. Seperti Kuburan Umum di Lumppaja"e Jl Pendidikan Dusun Garessi Desa Geressi Kecamatan Tanete Rilau Kabupaten Barru Sulsel.

Saat ini  pemakaman sudah berdekatan dengan pemukiman warga juga berdekatan dengan sawah, jika ada warga sekitar yang meninggal dan  mau di kebumikan maka keluarganya harus rela membokar kuburan lama.

Hal ini terpaksa dilakukan lantaran tak ada lagi lahan yang bisa dipakai untuk mengubur jenazah warga yang meninggal.

Terpantau oleh media ini di lokasi sabtu sekitar pukul 15:33 WITA (29/2/20)nampak beberapa warga sekitar sedang menggali untuk persiapan pemakaman salah seorang warga di Dusun Garessi.

Nampak pula TPU tersebut sudah hampir penuh dan beberapa kuburan sudah di tumbuhi rumput.


Salah seorang warga yang di temui di lokasi TPU Dusun Garessi  yang enggan disebutkan namanya mengatakan," ini harus jadi perhatian pemerintah setempat, karena TPU tersebut sudah sangat memperhatikan jika ada warga sekitar yang meninggal dunia, seperti hari ini (sabtu 29/2/20) setengah mati carikan tempat.   

Warga tersebut juga menambahkan kami sangat berharap kepada pemerintah setempat untuk betul-betul memperhatikan apa yang menjadi kebutuhan Warga sekitar.

Kepala Desa Garessi Lukman saat ditemui di ruang kerjanya senin sekitar pukul 14:43 wita (2/3/2020) terkait TPU Dusun Garessi yang sudah hampir penuh.

"Kami akan koordinasi dengan pemerintah terkait supaya ada solusi yang kita dapatkan, Karena bukan hanya TPU Dusun Garessi, semua TPU yang ada di Desa Garessi mengalami hal yang sama  seperti Dusun Lajari dan Dusun Buttue.(Qdr)


Editor : | BN Online | Dny


News Of This Week