Selasa, 28 April 2020

11.340 Alat Rapid Test, Pemkot Makassar Telah Memeriksa 6.439 Orang, Ini Hasilnya

Tags


BN Online, Makassar---Pemerintah Kota Makassar terus melakukan screening rapid test Covid-19 di setiap Puskesmas Kota Makassar.

Dari 11.340 ribu alat rapid tes yang disediakan, Kepala Dinas Kesehatan Kota Makassar Naisyah Tun Azikin menyebut, sebanyak 6.439 sudah sudah melakukan pemeriksaan.

“Dalam tahap pertama, 1.340 orang yang melakukan rapid test, ditemukan 52 orang positif Covid-19,” ujar Naisyah di Posko Covid-19 Kota Makassar, Selasa, 28 April 2020.

Sementara tahap kedua pemerintah kota mendatangkan alat rapid test sebanyak 10 ribu. Naisyah mengatakan, pihaknya telah melakukan pemeriksaan terhadap 5.099 orang.

“Selama empat hari ditemukan ada 117 orang positif Covid-19,” kata dia.

Naisyah mengatakan, pihaknya telah mengimbau masyarakat yang terpapar virus Covid-19 untuk melakukan isolasi mandiri di rumah.

Kendati begitu, sebelum diisolasi, Naisyah menyebut terlebih dahulu harus melakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Hal ini, kata dia, untuk memastikan orang tersebut positif terpapar virus corona atau tidak. melalui pengambilan spesimen atau swab.

“Tetapi kemudian kita lakukan pengulangan rapid test, tapi kalau ada yang bergejala, kita langsung pemeriksaan Swab,” terangnya.

Pelaksanaan rapid test akan terus dilakukan untuk mendeteksi penyebaran Covid-19. Pemerintah Kota Makassar, kata Naisyah, mengimbau kepada masyarakat untuk melakukan pemeriksaan di 47 Puskesmas yang ada di Kota Makassar




News Of This Week