Kamis, 16 April 2020

Ditengah Darurat Covid-19, Presiden Jokowi Resmi Melantik Riza Patria Sebagai Wagub DKI Jakarta

Tags


BN Online, Jakarta---Ditengah darurat Covid-19, Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik Ahmad Riza Patria sebagai wakil gubernur DKI Jakarta. Pelantikan berlangsung di Istana Negara, Jakarta.

Sebelum dilantik, Riza menerima petikan keputusan presiden di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Rabu (15/4/2020). Jokowi dan Riza, yang tampak mengenakan masker, berjalan dari Istana Merdeka ke Istana Negara.

Dalam prosesi pelantikan Yudian diawali dengan pembacaan Keputusan Presiden Nomor 40/P tahun 2020 tentang Pengesahan Pengangkatan Wakil Gubernur DKI Jakarta Sisa Masa Jabatan 2017-2022. Riza kemudian diminta melakukan pengambilan sumpah jabatan yang dipimpin langsung oleh Jokowi.


Riza kemudian memasuki Istana Negara untuk dilantik Jokowi. Jokowi memimpin jalannya pelantikan dan membacakan sumpah jabatan yang kemudian diikuti Riza.

"Demi Allah saya bersumpah, akan memenuhi kewajiban saya sebagai wakil gubernur, dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya memegang teguh Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dan menjalankan segala undang-undang dan peraturannya dengan selurus-lurusnya, serta berbakti kepada masyarakat, nusa, dan bangsa," kata Riza.

Selain itu, para tamu undangan yang hadir juga diwajibkan menggunakan masker dan menjaga jarak berdiri saat prosesi pelantikan berlangsung.


Adapun, tamu undangan yang datang dalam proses pelantikan Riza sebagai Wakil Gubernur DKI Jakarta tak sebanyak biasanya. Beberapa tamu undangan yang tampak hadir, seperti Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian. Hadir pula Menteri Pertahanan yang juga Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto.

Sekadar diketahui, Ahmad Riza Patria terpilih mendampingi Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan setelah mendapatkan suara terbanyak dalam rapat paripurna DPRD DKI Jakarta,

Senin (6/4). Riza diketahui mendapatkan 81 dari 106 anggota DPRD DKI. Riza mengalahkan Nurmansjah Lubis dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang hanya mendapatkan 17 suara.



Editor : | BN Online | Dny


News Of This Week