Selasa, 07 April 2020

Pandemi Covid-19, Pemkab Pasangkayu Jamin Mahasiswa Yang Masih Diluar Daerah?


BN Online, Pasangkayu--Didampimgi sekda Pasangkayu Dr.Firman, Kadis Kominfopers Suri Fitriah, S.Sos.M.Si, Kepala Bapeda Dr.Abidin, Kepala BPBD Mulyadi Halim, M.Si dan Kepala BPKAD Imran Makmur, S.Pi.M.Si, Bupati Pasangkayu Ir Agus Ambo Djiwa Video conference (Vicon) bersama Gubernur Sulawesi Barat Drs. Ali Baal Masdar, Komandan Korem (Danrem) 142/Tatag Sulbar Kolonel. Inf. Eventius Teddy Danarto M.Si, Forkopimda Sulawesi Barat (Sulbar) serta seluruh Jajaran Pemerintah Kabupaten se Provinsi Sulbar  Di ruang Pola Kantor Bupati, Senin (06/04/2020) sekitar Pukul 14.10 - Pukul 15.30 Wita.

Dalam kesempatan tersebut, Agus Ambo Djiwa melaporkan perkembangan dan langkah kongkrit Pemkab Pasangkayu dalam menangani wabah covid-19 serta perkembangan situasi terkini soal pasien Orang dalam pengawasan (ODP).

"Berdasarkan perkembangan hari ini, 186 ODP dan sudah selesai 73 orang. Sementara 1 orang Pasien Dalam Pengawasan (PDP) telah dirujuk ke Rumah Sakit Umum (RSU) Regional Mamuju dan masih dalam pengawasan," ungkapnya.

Bupati Dua (2) periode ini juga menjelaskan, kebanyakan ODP adalah mahasiswa yang kuliah di luar kota. Sehingga dirinya berharap agar mahasiswa di luar kota tidak pulang ke Daerah.

"Saya berharap agar Mahasiswa yang masih diluar Daerah agar tidak pulang ke Pasangkayu dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) siap membiayai hidupnya selama diluar daerah," ujarnya.

Lebih jauh Agus Ambo Djiwa menjelaskan bahwa saat ini Pemkab Pasangkayu berupaya mencari dana untuk bantuan sembako yang peruntukannya kepada 36 ribu jiwa Masyarakatnya dengan kalkulasi mencapai 1,8 milyar perbulannya.

"Bantuan Sembako ini sementara masih dicari sumber-sumber Dananya. Dan kami akan berupaya untuk mencari sumber dana sebagai antisipasi bila wabah ini berlarut-larut hingga 6 bulan kedepannya," jelasnya.

Agus Ambo Djiwa juga menjelaskan tentang penanganan Tim medis dimana telah disiapkan Anggaran sebesar 10,3 milyar.

"Anggaran ini sudah tersedia dan semoga di Sulbar ini kita bisa atasi penyebaran covid-19," pungkasnya.(E Syam)


Editor : | BN Online | Dny


News Of This Week