Kepala Rutan Kelas II B Bantaeng, Ince Muh. Rizal, S.H., M.Si., yang diwakili oleh Kepala Kesatuan Pengamanan Rutan, Amri, A.Md.P., S.H., M.H., membuka kegiatan dengan menyampaikan sambutan kepada pihak Narasumber dan peserta sosialisasi.
Pemateri /Narasumber dari kegiatan tersebut berasal dari Pimpinan Cabang Bank Mandiri Kabupaten Bantaeng, Bapak Satria Gunawan didampingi jajaran yang membawa kan tema ‘Service Excellent’.
Adapun beberapa kegiatan yang menjadi point pada sosialisasi tersebut antara lain :
Service Mindset : untuk kategori tersebut, service atau pelayanan dibagi ke dalam 3 (tiga) kategori, yaitu Bad, Good, dan Excellent service.
Menanamkan mindset bagi seorang pelayan publik, bahwa semua pengunjung adalah kategori proaktif, yang mengandung arti bahwa seorang pelayan publik lah yang membutuhkan pengunjung, bukan sebaliknya.
Tingkatan Kepuasan Nasabah, yang terbagi menjadi 5 (lima) bagian yaitu Criminal, Basic, Expected, Desired dan Unbelievable.
Tips untuk mengasah kemampuan komunikasi yang efektif.
Kriteria Bahasa Pelayanan, yaitu tidak memerintah, tidak menyalahkan pengunjung atau rekan kerja, tidak merendahkan harga diri dan berfokus pada bahasa yang lebih baik. (penyampaian).
Tips membangun first impression yang baik kepada pengunjung, yaitu berpakaian rapi, hadir tepat waktu, mengingat nama, membahas hal yang menarik saat bertemu, menjadi pendegar yang baik, selalu tersenyum dan berjabat tangan.
Poin terakhir adalah tips berpenampilan yang menarik, sebab sebagai Aparatur Sipil Negara, Citra diri sama dengan Citra Instansi.
Kepala Rutan Bantaeng berharap bahwa melalui kegiatan tersebut, Seluruh jajaran Rutan Bantaeng dapat memberikan pelatihan budaya prima kepada seluruh warga binaan dan masyarakat dan akan berdampak pada peningkatan nilai Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM).
Sumber : Humas Rutan Bantaeng
Editor Edhy Bidik Nasional