Rabu, 31 Mei 2023

Seru Pertualang Di Aliran Sungai Jambo Aye,Sungai Kala Mungkur.

Tags

Seru Pertualang Di Aliran Sungai Jambo Aye,Sungai Kala Mungkur.
BN Online ; Aceh Tengah-Ikan jurung atau Ikan Gegaring merupakan salah satu ikan yang menjadi khas di Dataran Tinggi Gayo Kecamatan Linge Kabupaten Aceh Tengah.

Ikan ini banyak ditemukan di Aliran Sungai Jambo Aye mulai dari kampung Kemerleng,Simpang tiga uning,pantanangka,Mungkur,owaq Sampai ke daerah poring Jamat,  Masyarakat setempat menyebut ikan ini dengan sebutan ikan gegaring.

Ikan gegaring juga menjadi tren di kalangan masyarakat di karenakan rasanya sangat sedap bila di sayur masam Jing,ataupun di bakar, masyarakat  untuk menangkap secara tradisional seperti mengunakan jala,pancing,atau pun tembak ikan di malam hari,

Wartawan media ini juga ikut bermalam di pinggir sungai bersama kawan berjumlah 7 orang selasa 30/5/2023.terkait dengan Sungai Jambo Aye keindahan pemandangan di pinggir-pinggir sungai tebing menjulang tinggi dan bebatuan besar membuat mata menakjupkan di tambah lagi rimbunnya pepohonan di pinggir sungai.

Namun, menangkap ikan gegaring tidak lah mudah harus tau terik dan caranya tidak semudah dibayangkan. menangkap ikan saat cuaca kemarau Sebab, ketika cuaca kering, ikan akan lebih tampak di dalam Sungai bila menyelam malam hari dengan mengunakan senter sehingga mudah untuk ditangkap dengan alat yang telah di rangkai oleh ahlinya.

Pada musim kemarau, ikan gegaring itu bertelur. Sehingga pada musim bertelur, masyarakat mudah menangkapnya dengan menjala, doran (memasang jaring) dan menembak.
 jenis olahan ikan gegaring bervariasi. Masyarakat  memasaknya dengan khas Gayo, yakni masam jing, asap, ikan(sale), dan cecah atau semacam sambal gegaring. ikan ini menjadi primadona masyarakat dataran tinggi gayo dan selalu diminati di kalang masyarakat luas.
 Kawasan ini dapat ditempuh dengan kendaraan roda dua jarak tempuh berpariasi sesuai rencana yang di tuju,

Mengkap ikan di kala malam hari tidak semua orang bisa harus mempunyai fisik tahan dingin dan ahli menyelam untuk menghindari hal-hal yang tidak kita ingini terjadi sesuatu haruslah bersama pawang orang yang sudah ahli di dalam air kendatipun arus sungai Jambo aye begitu tajam.

Penulis : Aharuddin.
Editor.   : Riga Irawan Toni 


News Of This Week