Kamis, 22 Juni 2023

Mantan Presiden Direktur Wijaya Karya Gedung Bangunan Kuatkan "Manajemen" Pengurus Koperasi Nahma Gayo Raya.

Tags

Mantan Presiden Direktur Wijaya Karya Gedung Bangunan Kuatkan "Manajemen" Pengurus Koperasi Nahma Gayo Raya.
BN Online ; Aceh Tengah-Pengurus Koperasi Nahma Gayo Raya gelar peningkatan kapasitas pengurus. “Penguatan kapasitas pengurus kali ini lebih ke kepemimpinan dan manajemen. Materi kepemimpinan diisi Rektor Universitas Ichsan Sayta, Bapak Dr. Rahmat Salam, M.Si. Sementara, terkait manajemen oleh Bapak Ir. Ridwan AM, M.T., Mantan Presiden Direktur PT Wijaya Karya Bangunan Gedung,” kata Sekretaris Umum Koperasi Nahma Gayo Raya, Cedar Juni Recsi, Kamis (22/6/2023). 

Diungkapkan Cedar Juni Recsi, penguatan kapasitas pengurus tersebut, merupakan yang kedua kalinya. “Sebelumnya, pengenalan koperasi sekaligus motivasi, oleh Dr. Mahadi Bahteri, dari Dewan Koperasi Indonesia. Penguatan kapasitas pengurus ini berbarengan dengan rapat semester pertama Koperasi Nahma Gayo Raya. Alhamdulillah, sudah terlaksana hari Minggu yang lalu (18/6/2023). Syukur alhamdulillah, banyak ilmu yang didapat. Apalagi, sekaligus dengan rapat semester pertama pengurus. Tentu, banyak yang dievaluasi untuk kemajuan Koperasi Nahma Gayo Raya,” sebut Juni.

Secara terpisah, Ketua Umum Koperasi Nahm Gayo Raya, Yusradi Usman al-Gayoni, menyebutkan penguatan pengurus Koperasi Nahma Gayo Raya merupakan bagian dari visi-misinya sebagai ketua pertama Koperasi Nahma Gayo Raya. “Selain penguatan organisasi, penguatan kapasitas pengurus jadi prioritas saat bersamaan. Selain soal koperasi, kepemimpinan, manajemen, komunikasi, seterusnya akan dikuatkan kemampuan teknis, seperti administrasi, kesekretariatan, keuangan, dan penguatan lainnya sesuai kebutuhan dan perkembangan. Termasuk, keterampilan digital lainnya. InsyaAllah masih banyak yang mesti dikuatkan. Pasalnya, Koperasi Nahma Gayo Raya baru lahir, usianya pun masih kurang enam bulan,” sebutnya. 

Yusradi Usman al-Gayoni, menyebutkan, kurang dari 100 hari sejak terbentuk (25/12/2022), pengurus Koperasi Nahma Gayo Raya sudah menyelesaikan pengurusan notaris KNG Raya. “Alhamdulillah, legal standing sudah selesai. Termasuk, NIK, NIB, NPWP. Nomor rekening juga sudah. Struktur koperasi juga sudah dibuat. AD ART juga sudah selesai. Kapasitas pengurus, keuangan, kesekretarian juga terus diperkuat. Kurang dari enam bulan berjalan, ada 40-an kegiatan yang berhasil dilaksanakan, baik secara daring maupun secara luring,” tegas Yusradi. 

Dilanjutkannya, ada juga usaha koperasi yang sudah berjalan, seperti Nahma Gayo Cargo, sembako meski sebelumnya terbatas pada tepung terigu dan minyak goreng. Termasuk, uji coba simpan pinjam melalui Unit Penguatan Modal. “Selain usaha yang dijalankan koperasi, Koperasi Nahma Gayo Raya juga membantu promosi dan penjualan produk anggota yang saat ini sudah tersebar di 12 provinsi di Indonesia, mulai dari Jakarta, Jawa Barat, Banten, Aceh, Sumatera Utara, Jambi, Kepulauan Riau, Lampung, Jawa Timur, Jawa Tengah, Bali, dan Kalimantan Timur. Minimal, pasarnya anggota, didorong berbelanja dan menggunakan jasa koperasi. Dari anggota, oleh anggota, untuk anggota,” ujarnya. 

Di penghujung semester pertama—minggu ini, sabutnya, Koperasi Nahma Gayo Raya menargetkan menunjuk beberapa ketua cabang. “Layanan antar-jemput bandara diharapkan juga bisa berjalan. Termasuk, sembako, dengan pilot project daerah Tambun, Bekasi, Jawa Barat. Promosi dan pemasaran usaha, produk, dan jasa anggota juga makin terkelola dengan baik,” katanya.

(Aharuddin.)
Editor : Riga Irawan Toni 


News Of This Week